Lily (2012) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KOMUNIKASI INTERPERSONAL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 28 MEDAN TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106121014 Judul.pdf - Published Version
Download (179kB) | Preview
2. 8106121014 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
3. 8106121014 Abstrak.pdf - Published Version
Download (215kB) | Preview
4. 8106121014 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (251kB) | Preview
5. 8106121014 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
6. 8106121014 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
7. 8106121014 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
8. 8106121014 Daftar Bagan.pdf - Published Version
Download (156kB) | Preview
9. 8106121014 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
10. 8106121014 Bab I.pdf - Published Version
Download (632kB) | Preview
11. 8106121014 Bab V.pdf - Published Version
Download (324kB) | Preview
12. 8106121014 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (230kB) | Preview
Abstract
Tesis ini berjudul Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Komunikasi Interpersonal terhadap Hasil Belajar Bahasa Inggris Siswa Kelas VIII SMP Negeri 28 Medan Tahun Ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 5 Bab. Bab I berisi tentang hal-hal yang berhubungan dengan masalah termasuk di dalamnya tujuan dari penelitian yaitu menemukan; 1) perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran genius dan siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori; 2) perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa dengan komunikasi interpersonal terbuka dan siswa dengan komunikasi interpersonal tertutup; 3) interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa. Bab II menyajikan teori, kerangka pikir, dan hipotesis. Sementara bab III menyajikan metodologi penelitian yang digunakan untuk mendapatkan data dari sampel penelitian yaitu 79 orang siswa kelas VIII SMP Negeri 28 Medan untuk dianalisis dan menemukan jawaban serta membuktikan hipotesis penelitian yang diajukan. Instrumen penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes untuk hasil belajar dan angket untuk komunikasi interpersonal. Metoda penelitian berbentuk quasi eksperimen dengan desain factorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis dua jalur pada taraf signifikan α = 0,05. Bab IV menyajikan hasil dan pembahasan penelitian, dan bab V merupakan kesimpulan, implikasi dan saran. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa; 1) hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran Genius lebih tinggi daripada siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran ekspositori (F hitung = 51,34 > F tabel = 3,97); 2) ada perbedaan signifikan yang ditemukan antara hasil belajar siswa dengan komunikasi interpersonal terbuka dan siswa dengan komunikasi interpersonal tertutup (F hitung = 7,82 > F table = 3,97); 3) ada interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa. (F hitung = 131,89 > F table = 3,97)Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut; strategi pembelajaran genius akan lebih baik diterapkan pada siswa dengan komunikasi interpersonal terbuka sedangkan strategi pembelajaran ekspositori akan lebih baik diterapkan pada siswa dengan komunikasi interpersonal tertutup dan bahwa ada interaksi antara strategi pembelajaran dan komunikasi interpersonal dalam mempengaruhi hasil belajar bahasa Inggris siswa. Implikasi penelitian menyatakan bahwa strategi pembelajaran genius adalah strategi yang cocok untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa Inggris sesuai dengan karakteristik mata pelajaran bahasa Inggris sebagaimana juga komunikasi interpersonal sebagai karakteristik siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 373.236 Lil p |
Keywords: | Komunikasi interpersonal; Strategi pembelajaran genius; Strategi pembelajaran ekspositori |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 24 May 2016 06:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3992 |