SIHOMBING, SRI YANTI (2020) PEMBINAAN KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 1 SIBORONGBORONGTAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM.3161111040 COVER.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
2. NIM.3161111040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (866kB) | Preview
3. NIM. 3161111040. PREFACE.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
4. NIM.3161111040. ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
5. NIM.3161111040. TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
6. NIM.3161111040. TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM.3161111040 ILUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 3161111040. CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (504kB) | Preview
12. NIM.3161111040. CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
13. NIM.3161111040. BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan pertama, untuk mengetahui bagaimana pelakasanaan kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Siborongborong dalam meningkatkan sikap religius, kedisiplinan dan sikap bertanggungjawab, Kedua untuk mengetahui apa dampak yang di dapatkan oleh peserta didik setelah mengikuti ekstrakurikuler pramuka di sekolah guna meningkatkan sikap religius, kedisiplinan dan sikap bertanggungjawab. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan deskriptif kualitatif dan metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan untuk menggambarkan keadaan yang sedang diteliti yakni subjek, tempat, dan bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler di sekolah serta dampak kegiatan ekstrakurikuler. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Data primer adalah data yang diterima langsung melalui narasumber yang dijadikan sebagai objek penelitian Yaitu wawancara dengan 7 Orang narasumber, 2 orang Guru sebagai Pembina harian dan 5 orang siswa anggota aktif pramuka SMA Negeri 1 Siborongborong. Sedangkan data sekunder yaitu buku, jurnal ilmiah, atau artikel yang membantu penelitian ini. Dalam pengumpulan instrument data, peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, serta dokumentasi di lokasi penelitian, sedangkan untuk Teknis analisis data dalam penelitian ini adalah reduksi reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini di laksanakan di SMA Negeri 1 Siborongborong. Berdasarkan Hasil penelitian di lokasi penelitian bahwa untuk pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler sekolah sudah berjalan dengan baik, walaupun kadang kalanya masih terdapat kekurangan atau ketepatan waktu dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di sekolah, dan yang menjadi dampak di dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler ini adalah bagi sekolah menjadi mempermudah tenaga pendidik untuk membina karakter siswa di luar jam pelajaran sedangkan dampak mengikuti ekstrakurikuler bagi siswa adalah kedisiplinan mereka semakin meningkat dan menjadi dasar mereka untuk lebih mandiri, disiplin serta memiliki sikap lebih bertanggung jawab.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PKN 022 |
Keywords: | Pembinaan Karakter, Ekstrakurikuler |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 16:37 |
Last Modified: | 12 Aug 2020 01:33 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39916 |