Br. keliat, Rosabina (2020) PENGARUH PENDEKATAN PAIKEM TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN KELAS X SMA SANTA MARIA KABANJAHE TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 3163111033 COVER.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
2. NIM. 3163111033 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
3. NIM. 3163111033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
4. NIM. 3163111033 PREFACE.pdf - Published Version
Download (257kB) | Preview
5. NIM. 3163111033 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM. 3163111033 TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. NIM. 3163111033ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
8. NIM. 3163111033 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 3163111033 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (338kB) | Preview
13. NIM. 3163111033 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (287kB) | Preview
14. NIM. 3163111033 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (368kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar PPKn siswa kelas X di SMA Santa Maria Kabanjahe Tahun Ajaran 2019/2020. Populasi dalam penelitian ini yaitu 160 siswa kelas X SMA Santa Maria Kabanjahe, dan sampel ditentukan melalui teknik random sampling (sampel acak) sehingga jumblah sampel ditentukan sebanyak 30% jadi sampel berjumblah 48 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif korelasi yakni metode alat uji statistik untuk menguji hipotesis asosiatif (uji hubungan) dua variabel. Lokasi penelitian di SMA Santa Maria, Jl. Jamin Ginting Gg Garuda No.100 Kabanjahe, Kecamatan Kabanjahe, Kabupaten Karo. Dalam penelitian ini digunakan alat pengumpulan data yaitu angket, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif korelasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan rumus Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa koefisien korelasi antara variabel X terhadap variabel Y diketahui bahwa nilai rhitung adalah sebesar 0,750 apabila nilai ini dibandingkan dengan rtabel pada signifikan 5% dengan n 48, maka rhitung adalah sebesar sesuai dengan ketentuan, apabila nilai rhitung lebih besar dari pada rtabel (rhitung> rtabel) atau 0,750 > 0,2845, maka terdapat pengaruh pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar PPKn di SMA Santa Maria Kabanjahe. Untuk menguji hipotesis apakah hipotesis alternatif (Ha) diterima atau ditolak dilakukan uji ‘t’. Dari hasil penelitian analisis dengan mengunakan uji ‘t’ diatas untuk melihat pengaruh pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar PPKn di SMA Santa Maria Kabanjahe maka diperoleh thitung > ttabel atau 11,611 > 2,012 pada taraf signifikan 5% pada derajat kebebasan (dk) n2 (48) maka hipotesis alternatif (Ha) dapat diterima yaitu ada pengaruh pendekatan PAIKEM terhadap hasil belajar PPKn di SMA Santa Maria Kabanjahe tahun ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 PKN 019 |
Keywords: | Paikem; Hasil belajar;Ppkn |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum L Education > LC Special aspects of education > LC251 Moral education. Character building L Education > LC Special aspects of education > LC71 Education and the state |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pkn |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 10:05 |
Last Modified: | 22 Jun 2021 04:17 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39895 |