HUTASOIT, HOSIANNA (2020) PENERAPAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA DI KELAS VII-E SMP NEGERI 3 MEDAN T.A 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 4133111028 JUDUL.pdf - Published Version
Download (155kB) | Preview
2. NIM 4133111028 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
3. NIM 4133111028 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
4. NIM 4133111028 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
5. NIM 4133111028 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (171kB) | Preview
6. NIM 4133111028 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (105kB) | Preview
7. NIM 4133111028 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (126kB) | Preview
8. NIM 4133111028 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
9. NIM 4133111028 BAB I.pdf - Published Version
Download (598kB) | Preview
13. NIM 4133111028 BAB V.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
14. NIM 4133111028 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (227kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa serta mendeskripsikan bagaimana proses penyelesaian soal yang berkaitan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis yang dibuat oleh siswa dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan bangun datar segi empat. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-E SMP Negeri 3 Medan T.A 2017/2018 yang berjumlah 36 orang dan objek penelitian ini adalah upaya meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menerapkan pendekatan matematika realistik pada sub pokok bahasan bangun datar segi empat. Instrumen dalam penelitian yang digunakan adalah observasi, tes, dan wawancara.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencapai keberhasilan pada siklus kedua. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Sebelum memberikan tindakan, siswa diberikan tes diagnostik terlebih dahulu untuk mengetahui permasalahan yang terjadi di kelas tersebut, dan pada setiap akhir siklus, siswa diberikan tes kemampuan pemahaman konsep matematis.
Dari hasil analisis data, diperoleh bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan bangun datar segi empat mulai dari tes diagnostik sampai pada tes kemampuan pemahaman konsep matematis I dan II terus mengalami peningkatan. Pada tes diagnostik subjek penelitian memperoleh skor rata-rata tes kemampuan pemahaman konsep matematis 56,84% (sangat rendah) dan mengalami peningkatan pada TKPKM I dengan capaian rata-rata skor tes sebesar 68,94% (rendah) dan meningkat lagi pada TKPKM II dengan capaian skor rata-rata tes sebesar 81,94% (tinggi). Untuk kemampuan pemahaman konsep matematis per aspek/indikator secara umum juga mengalami peningkatan dengan rincian sebagai berikut : indikator menyatakan ulang konsep mencapai 96,52%, indikator mengklasifikasikan objek mencapai 91,67%, indikator memberikan contoh dan bukan contoh mencapai 89,58%, indikator menyajikan dalam bentuk matematis mencapai 86,11%, indikator memeriksa mengembangkan syarat perlu mencapai 78,47%, indikator menggunakan operasi matematis mencapai 68,75%, dan indikator menerapkan konsep mencapai 62,5%.
Hasil penelitian ini membuktikan bahwa penerapan pendekatan matematika realistik dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis subjek penelitian pada sub pokok bahasan bangun datar segi empat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2020 MAT 061 |
Keywords: | Pemahaman Konsep Matematis, Pendekatan Matematika Realistik |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Cut Lidya Mutia |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 10:05 |
Last Modified: | 30 Jul 2020 06:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39888 |