ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI BERBASIS ENAM TUGAS KKNI PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN

Afrilla, Firna (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI BERBASIS ENAM TUGAS KKNI PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM 4152141007 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 4152141007 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM 4152141007 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM 4152141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 4152141007 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 4152141007 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (143kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 4152141007 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 4152141007 PREFACE.pdf - Published Version

Download (153kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 4152141007 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 4152141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM 4152141007 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM 4152141007 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (384kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 4152141007 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM 4152141007 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM 4152141007 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM 4152141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif tingkat rendah dan tinggi berbasis enam tugas KKNI dan mengetahui perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi berdasarkan jalur seleksi masuk pada jurusan Biologi Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan biologi Unimed Angkatan 2017 yang masih aktif sebanyak 177 orang. Sumber data dari penelitian ini berupa tes UTS dan UAS, angket dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif tingkat rendah mahasiswa pendidikan biologi 74,19 tinggi dan kemampuan kognitif tingkat Tinggi mahasiswa pendidikan biologi 62,92 Tinggi. Berdasarkan indikator menganalisis 37 % baik, mengevaluasi 31 % kurang baik dan mencipta 32% kurang baik. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh rata-rata kemampuan kognitif tingkat tinggi jalur masuk SNMPTN 61,65403, SBMPTN 64,169354, dan UMBPTN 62,383333, dan hasil uji T menunujukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi dari mahasiswa pendidikan biologi jalur SNMPTN, SBMPTN dan UMBPTN dan berdasarkan ketiga jalur masuk mahasiswa memiliki kemampuan kognitif tingkat tinggi yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 133
Keywords: Kemampuan kognitif; Pengetahuan; Kurikulum; Anatomi tumbuhan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 20 Jul 2020 03:08
Last Modified: 20 Jul 2020 03:09
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39885

Actions (login required)

View Item
View Item