Afrilla, Firna (2019) ANALISIS KEMAMPUAN KOGNITIF TINGKAT TINGGI MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI BERBASIS ENAM TUGAS KKNI PADA MATA KULIAH ANATOMI TUMBUHAN DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152141007 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4152141007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
3. NIM 4152141007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
4. NIM 4152141007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
5. NIM 4152141007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM 4152141007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM 4152141007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM 4152141007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan kognitif tingkat rendah dan tinggi berbasis enam tugas KKNI dan mengetahui perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi berdasarkan jalur seleksi masuk pada jurusan Biologi Unimed. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian adalah seluruh mahasiswa jurusan pendidikan biologi Unimed Angkatan 2017 yang masih aktif sebanyak 177 orang. Sumber data dari penelitian ini berupa tes UTS dan UAS, angket dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan kognitif tingkat rendah mahasiswa pendidikan biologi 74,19 tinggi dan kemampuan kognitif tingkat Tinggi mahasiswa pendidikan biologi 62,92 Tinggi. Berdasarkan indikator menganalisis 37 % baik, mengevaluasi 31 % kurang baik dan mencipta 32% kurang baik. Hasil analisis data penelitian yang diperoleh rata-rata kemampuan kognitif tingkat tinggi jalur masuk SNMPTN 61,65403, SBMPTN 64,169354, dan UMBPTN 62,383333, dan hasil uji T menunujukkan bahwa tidak ada perbedaan kemampuan kognitif tingkat tinggi dari mahasiswa pendidikan biologi jalur SNMPTN, SBMPTN dan UMBPTN dan berdasarkan ketiga jalur masuk mahasiswa memiliki kemampuan kognitif tingkat tinggi yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 133 |
Keywords: | Kemampuan kognitif; Pengetahuan; Kurikulum; Anatomi tumbuhan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QK Botany > QK640 Plant anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 20 Jul 2020 03:08 |
Last Modified: | 20 Jul 2020 03:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39885 |