Herdayanti, Arini (2020) Pengembangan alat peraga fluida dinamis pada SMA Negeri 2 Lubuk Pakam. Masters thesis, UNIMED.
1.NIM 8176175002 COVER.pdf - Published Version
Download (49kB) | Preview
2.NIM 8176175002 PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (523kB) | Preview
3. NIM 8176175002 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
4.NIM 8176175002 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
5. NIM 8176175002 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 8176175002 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
7. NIM 8176175002 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
8.NIM 8176175002 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (104kB) | Preview
9. NIM 8176175002 BAB I.pdf - Published Version
Download (383kB) | Preview
13. NIM 8176175002 BAB V.pdf - Published Version
Download (62kB) | Preview
14. NIM 8176175002 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa alat peraga fisika pada materi fluida dinamis yang layak, efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran serta melihat respon siswa terhadap alat peraga fluida dinamis. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Sampel penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Lubuk Pakam yang terdiri dari 3 kelas yaitu kelas besar I, kelas besar II dan kelas kecil masing-masing sebanyak 36 siswa. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar uji kelayakan alat peraga dan LKS, tes hasil belajar siswa yang dianalisis menggunakan program Statistical Package for the Social Sciences 20.0 for windows dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tingkat kelayakan alat peraga fluida dinamis sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan desain ADDIE yaitu diperoleh persentase sebesar 86% maka memenuhi kriteria kelayakan digunakan pada pembelajaran. (2) Tingkat efektivitas alat peraga fluida dinamis sebagai media pembelajaran yang dikembangkan dengan menggunakan desain ADDIE memperoleh persentase sebesar 88 % dengan kategori efektif digunakan pada pembelajaran (3) Respon siswa alat peraga fluida dinamis yang dikembangkan dengan menggunakan desain ADDIE yaitu dengan persentase sebesar 74 % dikategorikan sangat baik digunakan pada pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 532.72 Her p |
Keywords: | penelitian pengembangan; addie; alat peraga fluida dinamis; layak;efektif. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum Q Science > QC Physics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Catur Dedek Khadijah |
Date Deposited: | 16 Jul 2020 08:02 |
Last Modified: | 16 Jul 2020 08:02 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39866 |