Analisis Kesulitan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa Pada Penerapan Model Problem-Based Learning

Sister, Diana (2020) Analisis Kesulitan Berpikir Kreatif dan Disposisi Matematis Siswa Pada Penerapan Model Problem-Based Learning. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 8176171005 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 8176171005 COVER.pdf - Published Version

Download (198kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 8176171005 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 8176171005 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (298kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 8176171005 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 8176171005 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (63kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 8176171005 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 8176171005 PREFACE.pdf - Published Version

Download (177kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 8176171005 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 8176171005 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 8176171005 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 8176171005 TABLES.pdf - Published Version

Download (33kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 8176171005 ILLLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 8176171005 ILLLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (32kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 8176171005 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 8176171005 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (622kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM. 8176171005 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
12. NIM. 8176171005 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (193kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 8176171005 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 8176171005 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (286kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan Mengetahui: 1) tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem-based learning; 2) deskripsi proses jawaban siswa dalam pembelajaran menggunakan model problem-based learning; 3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis siswa yang dibelajarkan menggunakan model problem-based learning; 4) disposisi matematis siswa selama proses pembelajran menggunakan problem-based learning. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa SMP Swasta Al-Hikmah Medan kelas VIII yang berjumlah 32 siswa, kemudian untuk subjek wawancara dipilih berdasarkan tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis dan skala disposisi matematis. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kreatif dan disposisi matematis siswa pada penerapan model problem-based learning. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh bahwa 1) Siswa pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis sangat tinggi mampu mencapai semua indikator yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Siswa pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis tinggi mampu mencapai indikator fluency, flexibility dan originality. Siswa pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis sedang mampu mencapai indikator fluency dan flexibility. Siswa pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis rendah hanya mampu mencapai indikator fluency dan Siswa pada tingkat kemampuan berpikir kreatif matematis sangat rendah tidak mampu mencapai semua indikator fluency, flexibility, originality dan elaboration. 2) Pada proses jawaban siswa mampu melakukan tahap persiapan, tahap inkubasi, tahap iluminasi, dan tahap verifikasi/evaluasi. 3) kesulitan proses berpikir kreatif matematis menggunakan pembelajaran model problem-based learning berdasarkan kesulitan fakta, konsep, prinsip dan prosedur, 4) Disposisi matematis siswa yang menggunakan pebelajaran Problem Based Learning (PBL) lebih baik, hal ini dapat diketahui bahwa siswa lebih gigih dalam menyelesaikan masalah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.72 Sis a
Keywords: analisis, kemampuan berpikir kreatif; Disposisi Matematis; problem-based learning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Catur Dedek Khadijah
Date Deposited: 16 Jul 2020 07:55
Last Modified: 16 Jul 2020 07:55
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39865

Actions (login required)

View Item
View Item