ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP 6 TUGAS KKNI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2017

Azwar, Erawati (2019) ANALISIS SIKAP ILMIAH MAHASISWA BIOLOGI TERHADAP 6 TUGAS KKNI DI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN ANGKATAN 2017. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 4153141017 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 4153141017 COVER.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 4153141017 APPROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 4153141017 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (149kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 4153141017 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 4153141017 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 4153141017 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 4153141017 PREFACE.pdf - Published Version

Download (230kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 4153141017 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 4153141017 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (331kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 4153141017 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 4153141017 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (171kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 4153141017 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 4153141017 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 4153141017 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 4153141017 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (197kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap ilmiah mahasiswa mahasiswa Biologi yang berkaitan dengan Tugas Rutin (TR), Critical Book Report (CBR), Critical Jurnal Review (CJR), Riset Mini, Projek, dan Rekayasa Ide yang meliputi berpikir kritis, berpikiran terbuka dan kerjasama, kreatif dan inovatif, dan respek terhadap fakta/data, serta perbedaan sikap ilmiah mahasiswa dari masing – masing kelas pada mahasiswa Biologi angkatan 2017. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Biologi Universitas Negeri Medan angkatan 2017 yang terdiri dari 8 kelas dan jumlah seluruhnya 254 mahasiswa. Pengambilan sampel ditentukan secara acak (random sampling) pada setiap kelas 50% + 1 dengan total 130 mahasiswa. Dari hasil analisis diketahui Sikap ilmiah mahasiswa Biologi terhadap 6 tugas KKNI memiliki kategori yang berbeda. Sikap ilmiah kreatif dan inovatif merupakan sikap ilmiah dengan yang memperoleh rata – rata persentase tertinggi dibandingkan dengan sikap ilmiah yang lainnya yaitu 83,5% (Sangat Baik). Sedangkan sikap respek terhadap data/fakta 59,6% (Kurang Baik), berpikir kritis 66,1% (Baik), dan berpikiran terbuka dan kerjasama 73,8% (Baik). Dan Sikap ilmiah dari masing – masing kelas pada mahasiswa Biologi angkatan 2017 tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SK-2019 BIO 179
Keywords: Sikap Ilmiah; Mahasiswa; Kurikulum
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi
Depositing User: Mrs Harly Christy Siagian
Date Deposited: 16 Jul 2020 06:23
Last Modified: 16 Jul 2020 06:23
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39861

Actions (login required)

View Item
View Item