Amlan (2013) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN AWAL TERHADAP HASIL BELAJAR APRESIASI SASTRA SISWA SMP NEGERI 2 NA IX-X TAHUN PELAJARAN 2011/2012 KABUPATEN LABUHANBATU UTARA. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188230027 Judul.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
2. 081188230027 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (397kB) | Preview
5. 081188230027 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (131kB) | Preview
3. 081188230027 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
7. 081188230027 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
6. 081188230027 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
8. 081188230027 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
4. 081188230027 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (89kB) | Preview
11. 081188230027 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (150kB) | Preview
10. 081188230027 Bab V.pdf - Published Version
Download (296kB) | Preview
9. 081188230027 Bab I.pdf - Published Version
Download (498kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan: (1) Perbedaan hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi antara siswa yang dibelajarkan dengan SPPKB dan siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori. (2) Perbedaan hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi antara siswa yang kemampuan awal apresiasi karya sastra prosa fiksinya tinggi dengan yang kemampuan awal apresiasi karya sastra prosa fiksinya rendah. (3) Interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa terhadap hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Na IX-X. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Na IX-X Sei Raja Tahun Pelajaran 2011/2012. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari rombongan belajar VIII-1 30 orang untuk pembelajaran SPPKB dan rombongan belajar VIII-3 30 orang untuk pembelajaran ekspositori. Jadi jumlah sampel penelitian ini 60 orang.Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksprimen dengan desain Factorial 2x2. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis Varian dua jalur (ANAVA). Kemampuan awal siswa diukur dengan tes teori apresiasi karya sastra prosa fiksi berbentuk pilihan berganda sebanyak 40 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,914, menggunakan rumus KR-20. Jumlah soal yang valid 30 butir soal. Tes hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi menggunakan tes pilihan berganda sebanyak 40 butir soal dan memiliki reliabilitas 0,874, menggunakan rumus KR-20. Jumlah soal yang valid adalah 34 butir soal. Hasil pengujian hipotesis pertama menunjukkan bahwa hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa yang dibelajarkan dengan Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir(SPPKB) lebih tinggi daripada hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa yang dibelajarkan dengan strategi ekspositori, dengan hasil Fh (5,28) > Ft (4,01) pada taraf signifikan a = 0,05. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi yang memiliki kemampuan awal tinggi lebih tinggi daripada hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa yang kemampuan awalnya rendah, dimana Fh (136,02) > Ft (4,01) pada taraf signifikan a = 0,05, dan hasil pengujian hipotesis ketiga menunjukkan terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan kemampuan awal terhadap hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi siswa, dimana nilai Fh (13,12) > Ft (4,01) pada taraf signifikan a = 5%. Uji lanjut menggunakan uji Tuckey diperoleh hasilnya, bahwa hasil belajar apresiasi karya sastra prosa fiksi dengan kemampuan awal tinggi yang menggunakan SPPKB lebih tinggi hasil belajarnya daripada siswa yang kemampuan awalnya tinggi yang menggunakan strategi ekspositori yaitu Fh (5,92) > Ft (2,14) pada taraf signifikan a = 5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Keywords: | Apresiasi sastra; Strategi pembelajaran; Kemampuan awal; Pembelajaran ekspositori; Pro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 21 May 2016 17:49 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3985 |