PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP SWASTA AL WASHLIYAH AMPERA II MEDAN HELVETIA

Suci, Endah Retno (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN TIPE KEPRIBADIAN TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS SISWA SMP SWASTA AL WASHLIYAH AMPERA II MEDAN HELVETIA. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 809122030 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 809122030 Judul.pdf - Published Version

Download (56kB) | Preview
[thumbnail of 2. 809122030 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 809122030 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[thumbnail of 3. 809122030 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 809122030 Abstrak.pdf - Published Version

Download (371kB) | Preview
[thumbnail of 4. 809122030 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 809122030 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 5. 809122030 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 809122030 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (209kB) | Preview
[thumbnail of 6. 809122030 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 809122030 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (288kB) | Preview
[thumbnail of 7. 809122030 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 809122030 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (127kB) | Preview
[thumbnail of 8. 809122030 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 809122030 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 9. 809122030 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 809122030 Bab I.pdf - Published Version

Download (805kB) | Preview
[thumbnail of 10. 809122030 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 809122030 Bab V.pdf - Published Version

Download (359kB) | Preview
[thumbnail of 11. 809122030 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 809122030 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (221kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung, (2) Perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian introvert, (3) Interaksi antara model pembelajaran dan tipe kepribadian terhadap hasil belajar.Populasi penelitian adalah seluruh kelas VIII SMP Al Washliyah Ampera II Medan Helvetia, berjumlah 86 siswa yang berasal dari 3 kelas. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Jumlah sampel penelitian untuk model kooperatif tipe make a match terdiri dari 28 siswa dan 28 siswa untuk model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan rancangan quasi eksperimen desain factorial 2 X 2. Tipe kepribadian siswa diukur dengan tes angket dan hasil belajar bahasa Inggris diukur dengan tes lisan (interview) dengan kriteria penilaian dari pendapat ahli.Temuan penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match lebih tinggi dari pada hasil belajar bahas Inggris yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Hal ini ditunjukkan dengan rata-rata hasil belajar bahasa Inggris siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match = 79,79 dan rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang diajar dengan model pembelajaran langsung = 75,71 dengan Fhitung = 4,99 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert memiliki hasil belajar yang lebih tinggi dari pada siswa yang memiliki kepribadian introvert. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian ekstrovert = 80,45 dan nilai rata-rata hasil belajar bahasa Inggris yang memiliki kepribadian introvert =74,40 dengan F hitung = 10,66 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05, dengan dk (2) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan tipe kepribadian terhadap hasil belajar bahasa Inggris siswa. Hal ini ditunjukkan oleh Fhitung = 4,24 > Ftabel = 4,02 pada taraf signifikan α = 0,05. Uji lanjut menggunakan Uji Scheffe menunjukkan perbedaan hasil belajar bahasa Inggris siswa yang signifikan antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dengan yang diajar dengan pemberian model pembelajaran langsung. Demikian halnya hasil belajar bahasa Inggris siswa yang memiliki kepribadian ekstrovert dengan siswa yang memiliki kepribadian introvert.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 373.236 Suc p
Keywords: Ekstrovert; Introvert; Tipe kepribadian; Make a match; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran langsung
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1050 Educational Psychology
Divisions: Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 19 May 2016 10:18
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3980

Actions (login required)

View Item
View Item