Wulandari, Ayu (2019) ANALISIS TIGKAT LITERASI SAINS PADA BUKU TEKS PELAJARAN BIOLOGI DAN SISWA KELAS XI PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMA AL WASHLIYAH 1 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151141010 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM. 4151141010 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3. NIM. 4151141010 ABSTRACK.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
4. NIM. 4151141010 PREFACE.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
5. NIM. 4151141010 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
6. NIM. 4151141010 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
9. NIM. 4151141010 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
13. NIM. 4151141010 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
14. NIM. 4151141010 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini Mendeskripsikan tingkat literasi sains yang terdapat pada buku teks biologi kelas XI SMA pada materi sistem peredaran darah berdasarkan dimensi literasi sains sebagai batang tubuh pengetahuan, proses menyelidik, cara berfikir, dan hubungan teknologi dan masyarakat, dan mendeskripsikan tingkat literasi sains siswa kelas XI SMA pada materi sistem peredaran darah berdasarkan indikator literasi sains yang berdasarkan oleh Gormally. Populasi dalam penelitian ini adalah buku teks pelajaran biologi SMA dan siswa kelas XI SMA swasta Al Washliyah 1 Medan. Sampel dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA yang terdiri dari 2 kelas dengan jumlah siswa 54 orang dan setiap halaman buku teks pada pembahasan materi sistem peredaran darah pada buku yang digunakan. Jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis dokumentasi pada buku teks biologi dan soal tes pilihan berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat literasi sains semua buku menampilkan dimensi sains sebagai batang tubuh pengetahuan paling tinggi dan paling dominan dengan rata-rata sebesar 85,24%, dimensi sains sebagai proses menyelidiki dengan rata-rata sebesar 7,08%, dimensi sains sebagai jalan berpikir dengan rata-rata sebesar 4,42%, dimensi sains sebagai hubungan dengan teknologi dan masyarakat dengan jumlah rata-rata 3,26%. Literasi sains siswa kelas XI IPA tergolong sangat rendah karena hasil rata-rata persentase skor secara umum sebesar 32,77%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 147 |
Keywords: | Literasi sains; Buku teks; Pelajaran biologi; Sistem peredaran darah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QM Human anatomy |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 14 Jul 2020 06:54 |
Last Modified: | 14 Jul 2020 06:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39781 |