Sianturi, Andika (2019) PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PENDEKATAN SCIENCE, TECHNOLOGY, ENGINEERING, AND MATHEMATICS (STEM) UNTUK MENUMBUHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS X MIA SMA SWASTA PARULIAN 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4152141001 COVER.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
2. NIM 4152141001 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 4152141001 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (269kB) | Preview
4. NIM 4152141001 PREFACE.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
5. NIM 4152141001 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (452kB) | Preview
9. NIM 4152141001 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (345kB) | Preview
13. NIM 4152141001 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM 4152141001 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (187kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan menghasilkan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis Pendekatan Sains Technology Engineering and Mathematics (STEM) pada materi Perubahan Lingkungan. Desain penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan. Subjek dalam penelitian ini adalah Ahli Materi, Ahli Pembelajaran, Ahli Desain, Guru bidang studi Biologi dan siswa kelas X-MIA-1 SMA Swasta Parulian 1 Medan. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen berupa lembar tanggapan/respon. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Perancangan LKPD berbasis Pendekatan STEM dilakukan dengan menggunakan model pengembangan instruksional ADDIE yaitu melalui tahap Analysis, Development, Implementation, dan Evaluation karena pada model ini setiap tahap dilaukan revisi hingga didapatkan produk LKPD yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perancangan LKPD berbasis Pendekatan STEM berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh persentase rata-rata 94,64% dengan kriteria layak, penilaian ahli pembelajaran diperoleh persentase rata-rata 75% dengan kriteria layak, penilaian ahli desain diperoleh persentase rata-rata 76,78% dengan kriteria layak penilaian Guru bidang studi Biologi diperoleh persentase rata-rata 93,33% dengan kategori penilaian sangat layak, sedangkan hasil tanggapan/respon dari peserta didik diperoleh persentase rata-rata 95,82% dengan kriteria penilaian baik. Hasil dari penggunaan LKPD Berbasis Pendekatan STEM yang dirancang dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis diperoleh skor rata-rata 82,57% dengan jumlah peserta didik yang tuntas sebanyak 25 orang. LKPD Berbasis STEM pada materi Perubahan Lingkungan yang telah dirancang memperoleh kriteria penilaian”Sangat Tinggi” dan telah memenuhi persyaratan efektif digunakan dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis serta layak digunakan dalam proses pembelajaran Biologi pada materi perubahan lingkungan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BIO 117 |
Keywords: | Berpikir kritis; Perubahan lingkungan; Lembar kerja peserta didik; Science technology engineering mathematic |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QH Natural history > QH301 Biology > QH540 Ecology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 10 Jul 2020 08:00 |
Last Modified: | 10 Jul 2020 08:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39776 |