Awanis, Sahira (2019) PENGEMBANGAN TES OBJEKTIF FISIKA PENGETAHUAN KONSEPTUAL PADA MATERI TERMODINAMIKA DI SMA. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121062 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4151121062 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
3. NIM. 4151121062 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
4. NIM. 4151121062 PREFACE.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
5. NIM. 4151121062 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (190kB) | Preview
9. NIM. 4151121062 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (320kB) | Preview
13. NIM. 4151121062 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
14. NIM. 4151121062 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan tes objektif fisika pengetahuan konseptual pada materi termodinamika di SMA yang memenuhi standar kualifikasi tes yang baik ditinjau dari segi validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda dan efektivitas pengecoh. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Pengembangan (R&D), dengan menggunakan model Borg and Gall. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa SMAN 1 Padang Bolak. Subjek penelitian seluruh siswa XII SMAN 1 Padang Bolak Hasil penelitian menunjukkan pada uji lapangan terbatas yang melibatkan 20 siswa diketahui bahwa 20 soal valid dan 20 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,8. Daya pembeda 17 soal baik sekali, 13 soal baik, 6 soal cukup, dan 4 soal jelek. Pada tingkat kesukaran 13 soal mudah, 25 soal sedang dan 2 soal sulit. Pada efektivitas
pengecoh 12 soal baik sekali, 7 soal baik, 8 soal cukup, 11 soal kurang baik, dan 2 soal baik. Kemudian dari uji lapangan terbatas di lakukan revisi terhadap soal – soal yang belum memenuhi kriteria untuk kemudian di uji pada kelompok lebih luas yang melibatkan 90 siswa. Pada uji lapangan lebih luas di dapatkan 38 soal valid dan 2 soal tidak valid. Nilai reliabilitas sebesar 0,9. Daya pembeda 28 soal baik sekali, 2 soal baik, 6 soal cukup, dan 4 soal jelek. Pada tingkat kesukaran 14 soal mudah, 19 soal sedang, dan 7 soal sulit. Efektivitas pengecoh menunjukkan 12 soal baik sekali, 7 soal baik, 8 soal cukup, 11 soal kurang baik, dan 2 soal tidak baik. Dari kriteria soal dapat disimpulkan bahwa 38 soal di terima, dan 2 soal ditolak.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 229 |
Keywords: | Pengetahuan konseptual; Validitas; Realibilitas; Tingkat kesukaran; Daya pembeda; Efektivitas pengecoh; Termodinamika; Kalor gas; Siklus carnot |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC310 Thermodynamics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 08 Jul 2020 07:47 |
Last Modified: | 08 Jul 2020 07:47 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39763 |