Rohana (2013) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PPKN SISWA KELAS VIII SMP PGRI 3 DAN SMP HARAPAN MEKAR MEDAN TAHUN PELAJARAN 2012/2013. Masters thesis, UNIMED.
1. 081188210042 Judul.pdf - Published Version
Download (149kB) | Preview
2. 081188210042 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 081188210042 Abstrak.pdf - Published Version
Download (242kB) | Preview
4. 081188210042 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. 081188210042 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
6. 081188210042 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (216kB) | Preview
7. 081188210042 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
8. 081188210042 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (125kB) | Preview
9. 081188210042 Bab I.pdf - Published Version
Download (642kB) | Preview
10. 081188210042 Bab V.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
11. 081188210042 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (212kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian quasi experiment ini adalah untuk mengetahui: 1) apakah hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konsiderasi lebih tinggi dibandingkan dengan model pembelajaran langsung, 2) Perbedaan antara hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar intrinsik dan motivasi belajar ekstriksik, dan 3) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PPKn. Penelitian ini dilaksanakan kepada siswa kelas VIII SMP PGRI 3 dengan jumlah siswa 238 dan SMP Harapan Mekar Medan dengan jumlah siswa 160. Berdasarkan teknik cluster random samping. 40 siswa terpilih yang diajarkan dengan model pembelajaran konsiderasi dan 40 siswa sebagai kelompok yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berbentuk pilihan berganda sebanyak 45 soal. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian faktorial 2 x 2. Teknik analisis data yang digunakan ANAVA dua jalur pada taraf signifikansi a = 0,05. Tes liliefors dipergunakan untuk mengukur uji normalitas data, tes Barlett untuk menguji homogenitas varians dan uji Scheff digunakan untuk mengukur tes interaksi model pembelajaran dan motivasi belajar.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PPKn siwa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konsiderasi lebih tinggi dari pada hasil belajar PPKn siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran langsung dengan (Fhit = 50,36 > Ftabel = 3,96). (2) Terdapat perbedaan antara hasil belajar PPKn siswa yang memiliki motivasi belajar instrinsik dan motivasi belajar ekstrinsik dengan (Fhit = 43,28 > Ftabel = 3,96), dan (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar dengan (Fhit = 28,22 > Ftabel = 3,96).Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran melalui model pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Implikasinya adalah para guru PPKn harus dilatih untuk mempergunakan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Dan para guru harus disarankan agar para guru PPKn menerapkan model ini, sehingga hasil belajar siswa dapat ditingkatkan dan proses pembelajaran berhasil.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Roh p |
Keywords: | Motivasi; Pendidikan kewarganegaraan; Pembelajaran konsiderasi; Pembelajaran langsung; Kemampuan mengingat |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 19 May 2016 09:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3973 |