Afryanty, Novya (2019) DAMPAK MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK GELOMBANG CAHAYA DI KELAS XI SMA NEGERI 18 MEDAN TAHUN AJARAN 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121046 COVER.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
2. NIM. 4153121046 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
3. NIM. 4153121046 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4153121046 PREFACE.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
5. NIM. 4153121046 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
9. NIM. 4153121046 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (382kB) | Preview
13. NIM. 4153121046 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
14. NIM. 4153121046 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (247kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry training, mengetahuai karakteristik keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model pembelajaran inquiry, dan mengetahui dampak model pembelajaran inquiry training terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi pokok gelombang cahaya.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah quasi experiment dengan desain two group pretest posttest design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI MIA semester genap berjumlah 154 siswa yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling. Kelas XI MIA 3 berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model pembelajaran inquiry training dan kelas XI MIA 1 berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa adalah soal-soal tes keterampilan proses sains berjumlah 12 soal dalam bentuk essay test. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t.
Hasil nilai postest menunjukkan rata-rata postest kelas kontrol 40,367 dengan standar deviasi 6,239, sedangkan rata-rata kelas eksperimen 68,3 dengan standar deviasi 6,352. Hasil uji t menunjukkan ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan sains siswa kelas eksperimen dengan model inquiry training. Karakteristik keterampilan proses sains yang terlihat pada fase-fase model pembelajaran inquiry training terdapat indikator-indikator yang dominan diasah. Indikator keterampilan proses sains yang diasah yaitu keterampilan mengamati, merumuskan hipotesis, merancang percobaan, mengumpulkan dan mengolah data, menjelaskan dan mengidentifikasi variabel, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan keterampilan mengamati adalah keterampilan yang paling dominan diasah dan menunjukkan perolehan persentse pencapaian keterampilan tertinggi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 145 |
Keywords: | Model pembelajaran; Inquiry training; Keterampilan proses sains; Gelombang cahaya |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 02 Jul 2020 02:06 |
Last Modified: | 02 Jul 2020 02:10 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39716 |