Simanjuntak, Lidia Angrela P. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DASAR-DASAR KONSTRUKSI BANGUNAN DAN PENGUKURAN TANAH DI SMK NEGERI 2 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153111031 COVER.pdf - Published Version
Download (41kB) | Preview
2. NIM. 5153111031 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (267kB) | Preview
3. NIM. 5153111031 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (106kB) | Preview
4. NIM. 5153111031 PREFACE.pdf - Published Version
Download (254kB) | Preview
5. NIM. 5153111031 TABLES OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (99kB) | Preview
6. NIM. 5153111031 TABLES.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM. 5153111031 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
8. NIM. 5153111031 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
9. NIM. 5153111031 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 5153111031 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (60kB) | Preview
14. NIM. 5153111031 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Kuasi Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran CORE terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Dasar-Dasar Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X DPIB T.A 2019/2020 yang berjumlah 62 orang dan terdistribusi ke dalam 2 kelas yaitu X DPIB-1 dan X DPIB-2. Dengan mengacak kelas maka ditetapkan sebagai kelas eksperimen adalah X DPIB-2 berjumlah 31 siswa dan sebagai kelas kontrol X DPIB-1 berjumlah 31 siswa. Instrumen yang digunakan untuk
mengetahui hasil belajar siswa adalah tes hasil belajar yang berbentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Pada masing-masing kelas diberikan perlakuan yaitu kelas eksperimen dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran CORE sedangkan pada kelas kontrol dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran langsung. Kemudian diberikan post test pada asing�masing kelas untuk mengukur hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan terhadap data post test masing-masing kelas, diperoleh rata-rata nilai kelas eksperimen 85,16 dan nilai rata-rata kelas kontrol 76,45. Kemudian pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t dan diperoleh thitung = 4,05 dan ttabel = 1,671. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel yaitu 4,05> 1,671, maka Ha diterima dan H0 ditolak yaitu hasil belajar memahami spesifikasi dan karakteristik beton pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung di kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran CORE (Connecting Organizing Reflecting Extending) lebih tinggi dari hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran Dasar-Dasar
Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah di kelas X Program Keahlian Teknik Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Medan Tahun Ajaran 2019/2020.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 BAN 053 |
Keywords: | Model Pembelajaran Connecting; Organizing; Reflecting; Extending (CORE); Pembelajaran Langsung; Hasil Belajar Dasar-Dasar ;Konstruksi Bangunan dan Pengukuran Tanah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 01 Jul 2020 03:28 |
Last Modified: | 01 Jul 2020 03:28 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39713 |