Pane, Eli Tohonan Tua (2013) PENGARUH METODE BERMAIN PERAN DAN KONSEP DIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN KOTA MEDAN. Masters thesis, UNIMED.
1. 809122029 Judul.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. 809122029 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (570kB) | Preview
3. 809122029 Abstrak.pdf - Published Version
Download (214kB) | Preview
4. 809122029 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
5. 809122029 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (164kB) | Preview
6. 809122029 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
7. 809122029 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
8. 809122029 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (122kB) | Preview
9. 809122029 Bab I.pdf - Published Version
Download (617kB) | Preview
10. 809122029 Bab V.pdf - Published Version
Download (363kB) | Preview
11. 809122029 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (157kB) | Preview
Abstract
Pendidikan Anak Usia Dini dapat diselenggarakan dalam berbagai bentuk, salah satunya adalah Kelompok Bermain. Anak usia dini baru memiliki kemampuan bahasa khusunya kemampuan berbicara yang ternatas dan tidak sedikit anak yang mengalami kesulitan berkomunikasi, sulit mengungkapkan perasaannya dan cenderung tidak berinteraksi sehingga lebih suka bermain sendiri. Salah satu metode yang dapat mengembangkan kemampuan berbahasa khusunya kemampuan berbicara adalah metode bermain peran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh metode bermain peran makro dan bermain peran mikro terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok Bermain Kota Medan; (2) pengaruh konsep diri positif dan konsep diri negatif terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok Bermain Kota Medan; dan (3) pengaruh interaksi antara metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di Kelompok Bermain Kota Medan. Penelitian ini bersifat eksperimen semu (quasi experiment). Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan cluster random sampling, yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah sampel seluruhnya 60 orang anak yang ditentukan secara acak dengan sistem undian. Instrumen penelitian menggunakan tes kemampuan berbicara dan tes konsep diri. Rentang skor tes kemampuan berbicara dari 0-25, sedangkan tes konsep diri dari 0-17. Metode penelitian dengan menggunakan kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2. Temuan dalam penelitian ini adalah : (1) kemampuan berbicara anak yang mengikuti pembelajaran lebih tinggi daripada anak yang mengikuti pembelajaran bermain peran peran mikro dengan harga Fhitung = 18,06, Ftabel = 4,008 pada taraf signifikansi alpha = 0,05; (2) kemampuan berbicara anak yang memiliki konsep diri positif lebih tinggi daripada kemampuan berbicara yang memiliki konsep diri negatif, harga Fhitung = 6,68, Ftabel = 4,008 pada taraf signifikansi alpha = 0,05 dan (3) terdapat pengaruh interaksi antara belajar dengan metode bermain peran dan konsep diri secara terhadap kemampuan berbicara dengan Fhitung = 112,13, F tabel = 4,008 pada taraf signifikansi alpha = 0,05. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode bermain peran dan konsep diri terhadap kemampuan berbicara anak usia dini di kelompok bermain kota Medan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 371.3 Pan p |
Keywords: | Metode bermain peran; Konsep diri positif; Konsep diri negatif; Bermain peran makro; Bermain peran mikro |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 06:09 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3968 |