PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP RAYON VII KOTAMADYA MEDAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Nainggolan, Arisan Candra (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP RAYON VII KOTAMADYA MEDAN MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106172002 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106172002 Judul.pdf - Published Version

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106172002 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106172002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (573kB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106172002 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106172002 Abstrak.pdf - Published Version

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106172002 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106172002 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (201kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106172002 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106172002 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (442kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106172002 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106172002 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (554kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106172002 Daftar Grafik.pdf]
Preview
Text
7. 8106172002 Daftar Grafik.pdf - Published Version

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106172002 Daftar Diagram.pdf]
Preview
Text
8. 8106172002 Daftar Diagram.pdf - Published Version

Download (224kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106172002 Daftar Pemaparan.pdf]
Preview
Text
9. 8106172002 Daftar Pemaparan.pdf - Published Version

Download (269kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106172002 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
10. 8106172002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (313kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106172002 Bab I.pdf]
Preview
Text
11. 8106172002 Bab I.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 12. 8106172002 Bab V.pdf]
Preview
Text
12. 8106172002 Bab V.pdf - Published Version

Download (661kB) | Preview
[thumbnail of 13. 8106172002 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
13. 8106172002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (419kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara biasa, (2) Peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa yang memperoleh pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran matematika secara biasa, (3) Interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan level sekolah maupun kemampuan awal matematis siswa dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis siswa. (4) Aktivitas siswa selama pembelajaran menggunakan pendekatan matematika realistik, (5) Proses penyelesaian masalah siswa pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Rayon VII Kotamadya Medan. Secara acak, dipilih dua sekolah sebagai subyek penelitian, yaitu SMP Putri Cahaya dan SMP Raksana. Kemudian secara acak dipilih dua kelas dari tiap sekolah. Kelas eksperimen diberi perlakuan pendekatan matematika realistik dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran matematika secara biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan pemecahan masalah, tes kemampuan koneksi matematis dan lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,875 dan 0,808 berturut-turut untuk kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemampuan koneksi matematis. Analisa data dilakukan dengan Uji t dan analisis varians dua jalur (ANOVA).Hasil utama dari penelitian ini adalah: (1) Secara keseluruhan siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik secara signifikan lebih baik dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis dibandingkan siswa yang menggunakan pembelajaran matematika secara biasa. (2) Tidak terdapat interaksi antara pembelajaran yang digunakan dengan level sekolah maupun kemampuan awal matematis siswa dalam peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan koneksi matematis siswa. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: (1) Aktivitas siswa dalam pembelajaran dengan pendekatan matematika realistik berkategori baik. (2) Proses penyelesaian masalah siswa yang pembelajarannya dengan pendekatan matematika realistik lebih lengkap berdasarkan indikator kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran matematika secara biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan agar pendekatan matematika realistik pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan koneksi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang inovatif, dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dan memberi kesempatan pada siswa untuk mengungkapkan gagasannya dalam bahasa dan cara mereka sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Nai p
Keywords: Matematika realistik; Pemecahan masalah; Level sekolah; Koneksi matematis; Kemampuan awal matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 18 May 2016 06:02
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3967

Actions (login required)

View Item
View Item