Sinaga, Novantry S. (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA MATERI USAHA DAN ENERGI KELAS X SMA NEGERI 10 MEDAN T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1.NIM. 4151121047 COVER.pdf - Published Version
Download (52kB) | Preview
2. NIM. 4151121047 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (253kB) | Preview
3. NIM. 4151121047 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (200kB) | Preview
4. NIM. 4151121047 PREFACE.pdf - Published Version
Download (222kB) | Preview
5. NIM. 4151121047 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (460kB) | Preview
9. NIM 4151121047 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (467kB) | Preview
13. NIM 4151121047 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
14. NIM 4151121047 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (373kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis blended learning terhadap hasil belajar fisika pada materi usaha dan energi kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperiment. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 10 Medan yang terdiri dari 3 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara teknik cluster rundom sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIA 3 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 31 orang dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 33 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes digunakan, terlebih dahulu divalidkan oleh validator yaitu dua dosen fisika dan satu guru fisika.
Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 40,8 dengan standard deviasi 8,07 dan nilai rata-rata pretest kelas kontrol 38,5 dengan standar deviasi 7,6, setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan menggunakan model kooperatif tipe STAD berbasis blended learning dan kelas kontrol dibelajarkan dengan model konvensional. Dari perlakuan tersebut, diperoleh nilai rata-rata posttest kelas eksperimen 77,1 dengan standard deviasi 10,23 dan kelas kontrol 69,4 dengan standard deviasi 8,6. Secara statistik dengan perhitungan menggunakan Uji-t pada taraf signifikan (α) = 0,05 diperoleh thitung = 3,348 dan ttabel = 1,669, terlihat bahwa thitung > ttabel berarti Ho ditolak dan terima Ha dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif berbasis blended learning terhadap hasil belajar fisika pada materi usaha dan energi di kelas X SMA Negeri 10 Medan T.P. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 195 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Blended learning; Usaha; Energi; Edmodo; Hasil Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 01:59 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 02:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39661 |