Iswari, Ningsih (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TRAINING TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI POKOK USAHA DAN ENERGI DI KELAS X SEMESTER II SMA SWASTA CERDAS MURNI MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121030 COVER.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
2. NIM. 4152121030 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (161kB) | Preview
3. NIM. 4152121030 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM. 4152121030 PREFACE.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
5. NIM. 4152121030 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
9. NIM. 4152121030 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (360kB) | Preview
13. NIM. 4152121030 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (204kB) | Preview
14. NIM. 4152121030 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (138kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini berjudul pengaruh model Pembelajaran Inquiry Training terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Pokok Usaha Energi di Kelas X Semester II SMA Swasta Cerdas Murni Medan T.P 201/2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model Inquiry Training dan konvensional, serta mengetahui mengetahui pengaruh model Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa.
Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan desain penelitian Two Group Pretest-Postest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Swasta Cerdas Murni Medan yang memiliki nilai KKM Fisika sebesar 70. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu X MIA-1 sebagai kelas eksperimen dan X MIA-2 sebagai kelas kontrol yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah tes KPS dalam bentuk essay dengan jumlah soal sebanyak 7 soal yang telah divalidasi oleh validator.
Hasil pretes nilai rata-rata KPS kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 14,52 dan 16,67. Hasil postes nilai rata-rata KPS kelas eksperimen dan kelas control masing-masing 70,00 dan 66,19. Berdasarkan uji t menggunakan program SPSS 20 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara model Inquiry Training terhadap keterampilan proses sains siswa. Berdasarkan hasil uji t menunjukkan terdapat peningkatan keterampilan proses sains siswa dengan menggunakan model Inquiry Training.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 204 |
Keywords: | Inquiry training; Pembelajaran langsung; Usaha; Energi; Daya; Sistem sosial; Keterampilan proses sains |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 30 Jun 2020 01:23 |
Last Modified: | 30 Jun 2020 01:24 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39658 |