Nuraina (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS (TGT) DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 GANDAPURA KABUPATEN BIREUN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171035 Judul.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
2. 8106171035 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106171035 Abstrak.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
4. 8106171035 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (208kB) | Preview
5. 8106171035 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (229kB) | Preview
6. 8106171035 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (256kB) | Preview
7. 8106171035 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (246kB) | Preview
8. 8106171035 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
9. 8106171035 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106171035 Bab V.pdf - Published Version
Download (394kB) | Preview
11. 8106171035 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (261kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk menelaah: (1) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) Peningkatan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (3) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap kemampuan komunikasi matematis, (4) Interaksi antara kemampuan awal matematika (tinggi, sedang, rendah) siswa dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT terhadap disposisi matematis siswa, (5) Hubungan antara kemampuan komunikasi matematis siswa dengan hasil belajar matematika siswa, (6) Hubungan antara disposisi matematis siswa dengan hasil belajar matematika siswa, (7) Proses penyelesaian jawaban siswa yang mendapat pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan pembelajaran biasa. Penelitian ini merupakan penelitian semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMPN 1 Gandapura. Kemudian secara acak dipilih dua kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan pembelajaran kooperatif tipe TGT dan kelas kontrol dengan pembelajaran biasa. Instrumen yang digunakan terdiri dari: tes kemampuan komunikasi matematis dan angket disposisi matematis. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validitas isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,87 dan 0,89 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi matematis dan disposisi matematis. Analisis data dilakukan dengan uji statistik uji-t, uji korelasi bivariat dan uji anava 2 jalur. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh hasil penelitian yaitu: (1) peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih baik daripada siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan kemampuan awal siswa terhadap peningkatan kemampuan komunikasi dan dsiposisi matematis siswa, (3) terdapat hubungan positif antara kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa dengan hasil belajar matematika siswa. Secara deskriptif juga dikaji jawaban dari rumusan masalah yaitu: proses penyelesaian jawaban siswa yang pembelajarannya dengan pembelajaran kooperatif tipe TGT lebih rapi dan lengkap berdasarkan indikator kemampuan komunikasi matematis dibandingkan dengan siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan: pembelajaran kooperatif tipe TGT pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk menerapkan pembelajaran matematika yang variatif dan inovatif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nur p |
Keywords: | Komunikasi; Disposisi matematis; Pembelajaran kooperatif; Teams-Games-Tournaments; Pembelajaran biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 05:51 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3965 |