Tini, Afsah (2012) PERBEDAAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI MATEMATIS ANTARA SISWA YANG DIBERI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK-PAIR-SQUARE DENGAN THINK-PAIR-SHARE. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171002 Judul.pdf - Published Version
Download (280kB) | Preview
2. 8106171002 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (756kB) | Preview
3. 8106171002 Abstrak.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
4. 8106171002 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (238kB) | Preview
5. 8106171002 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (240kB) | Preview
6. 8106171002 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (348kB) | Preview
7. 8106171002 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
8. 8106171002 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (278kB) | Preview
9. 8106171002 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106171002 Bab V.pdf - Published Version
Download (282kB) | Preview
11. 8106171002 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (372kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (2) apakah terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (3) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis. (4) apakah ada interaksi antara metode pembelajaran dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis(5) proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa pada kedua pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Sampel penelitian ini siswa SMP Negeri 2 dan SMP Negeri 9 Kotanopan. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan berpikir kritis dan tes kemampuan komunikasi matematis dengan pokok bahasan garis dan sudut. Adapun tes yang digunakan untuk memperoleh data adalah berbentuk uraian. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis inferensial. Analisis deskriptif ditujukan untuk mendeskripsikan proses penyelesaian masalah pada pembelajaran Think-Pair-Square dan Think-Pair-Share. Analisis inferensial data dilakukan dengan analisis ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tidak terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (2) tidak terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang diberi pembelajaran Think-Pair-Square dengan Think-Pair-Share. (3) tidak ada interaksi antara pembelajaran (Think-Pair-Square, Think-Pair-Share) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan berpikir kritis. (4) tidak ada interaksi antara pembelajaran (Think-Pair-Square, Think-Pair-Share) dengan kemampuan awal (tinggi, sedang, rendah) terhadap kemampuan komunikasi matematis. (5) Proses penyelesaian masalah yang dibuat siswa untuk kedua pembelajaran bervariasi. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka peneliti menyarankan agar pembelajaran Think-Pair-Square maupun Think-Pair-Share dapat dijadikan alternatif pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan komunikasi matematis siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Tin p |
Keywords: | Berpikir kritis; Komunikasi matematis; Think-pair-share; Think-pair-square; Pembelajaran kooperatif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 18 May 2016 02:53 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3962 |