Nufus, Hayatun (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI PENERAPAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DI KELAS VII SMPN. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171025 Judul.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2. 8106171025 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (637kB) | Preview
3. 8106171025 Abstrak.pdf - Published Version
Download (314kB) | Preview
4. 8106171025 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (346kB) | Preview
5. 8106171025 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. 8106171025 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
7. 8106171025 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (300kB) | Preview
8. 8106171025 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (259kB) | Preview
9. 8106171025 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106171025 Bab V.pdf - Published Version
Download (295kB) | Preview
11. 8106171025 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (399kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa, (2) untuk mengetahui adanya interaksi antara pembelajaran dan kemampuan awal matematik terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, (3) untuk mengetahui bagaimana proses jawaban yang dibuat siswa dalam menyelesaikan soal pada pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran biasa. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN Lhokseumawe yang berakreditasi B (sebanyak 9 SMPN) dan sampelnya dipilih secara acak yaitu: SMPN 10 terdiri dari kelas VII-4 (kelas eksperimen) dan kelas VII-2 (kelas kontrol), SMPN 11 Lhokseumawe terdiri dari kelas VII-3 (kelas eksperimen) dan kelas VII-1 (kelas kontrol). Analisis data dilakukan dengan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) adanya peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan siswa yang memperoleh pembelajaran biasa, (2) tidak terdapat interaksi antara pembelajaran dengan tingkat kemampuan siswa terhadap peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, (3) proses penyelesaian masalah jawaban siswa yang pembelajarannya dengan menggunakan pembelajaran berbasis masalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Peneliti menyarankan: (1) agar model pembelajaran berbasis masalah menjadi alternatif bagi guru dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, (2) perangkat pembelajaran dipersiapkan secara matang serta disesuaikan dengan indikator kemampuan dan alokasi waktu yang harus dicapai, (3) agar selektif dalam memilih materi yang diajarkan dengan pembelajaran berbasis masalah karena tidak semua materi cocok diterapkan dengan pembelajaran berbasis masalah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Nuf p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Pemecahan masalah; Persamaan linear; Pertidaksamaan linear; Pembelajaran berbasis masalah; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 09:00 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3960 |