Ningsih, Mira Surya (2019) PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILL) PADA MATERI OPTIK DI SMA SWASTA AN-NIZAM MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4151121040 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 4151121040 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
3. NIM. 4151121040 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
4. NIM. 4151121040 PREFACE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
5. NIM. 4151121040 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (390kB) | Preview
9. NIM. 4151121040 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (326kB) | Preview
13. NIM. 4151121040 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
14. NIM. 4151121040 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (163kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes HOTS (Higher Order Thinking Skill) yang mampu mengukur tingkat keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa pada materi optic. Metode penelitian yang dilakukan oleh peneliti ialah metode Penelitian dan Pengembangan tipe ADDIE (Analisis, Design, Development, Implementation, & Evaluate). Subjek penelitan ini ialah siswa/i SMA Swasta An-Nizam Medan T.P 2018/2019. Data hasil penelitan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir HOTS (Higher Order Thinking Skill) siswa dalam belajar untuk materi Optik pada kelas XI di SMA Swasta An-Nizam Medan memiliki 18% dari 39 siswa dengan keterampilan berpikir kreatif, 23% dari 39 siswa dengan keterampilan berpikir antara Kreatif-Kritis, 54% dari 39 siswa dengan keterampilan berpikir kritis, dan 5% dari 39 siswa dengan keterampilan superior kritis. Bentuk instrumen tes HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk materi Optik pada kelas XI dalm keterampilan berpikir kritis siswa memiliki jenis tes dalam bentuk pilihan berganda berjumlah 15 butir soal dengan kualitas reliabilitas butir soal berada pada angka antara 0,40-0,59 dan nilai kesalahan yang dilakukan butir soal dalam melakukan pengukuran sebesar 1,829. Bentuk instrumen tes HOTS (Higher Order Thinking Skill) untuk materi Optik pada kelas XI dalam keterampilan berpikir kreatif siswa memiliki jenis tes dalam bentu tes essai berjumlah 5 butir soal dengan kualitas reliabilitas butir tes berada pada angka antara 0,40-0,59.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 146 |
Keywords: | Kemampuan pemecahan masalah; Cahaya; Optik geometri; Alat optik; Berpikir kritis; Berpikir kreatif; Cara berpikir |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC350 Optics. Light |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 04:54 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 04:57 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39597 |