Febiola, Luvita Saron (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP PENGETAHUAN KONSEPTUAL SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DIKELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 21 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121039 COVER.pdf - Published Version
Download (160kB) | Preview
2. NIM 4153121039 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (265kB) | Preview
3. NIM 4153121039 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
4. NIM 4153121039 PREFACE.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
5. NIM 4153121039 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (395kB) | Preview
9. NIM 4153121039 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (380kB) | Preview
13. NIM 4153121039 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
14. NIM 4153121039 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (221kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa, serta untuk mengetahui aktivitas siswa selama penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation pada materi momentum dan impuls. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan menggunakan desain penelitian pretest-postest control group design. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri21 Medan dengan teknik pengambilan sampel secara cluster random sampling, didapatkan siswa kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 1 sebagai kelas kontrol yang masing-masing berjumlah 30 siswa.
Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes esay pengetahuan konseptual dengan jumlah soal 7 item pengetahuan konseptual dan lembar observasi aktivitas. Analisis data menggunakan uji t pada taraf signifikan 5% dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Dari hasil penelitian diperoleh rata-rata pretes kelas eksperimen adalah 38,27 dan kelas kontrol adalah 34,76 sedangkan rata-rata posttes kelas eksperimen adalah 75,67 dan kelas kontrol adalah 64,97. Hasil uji hipotesis dengan uji t menunjukkan hasil pengetahuan konseptual fisika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation lebih baik daripada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation terhadap pengetahuan konseptual siswa pada materi momentum dan impuls di kelas X Semester II SMA Negeri 21 Medan T.P 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 113 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Model pembelajaran; Momentum; Impuls; Tumbukan; Group investigation; Pengetahuan konseptual |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 26 Jun 2020 01:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 02:01 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39595 |