Gurning, Atina Tiffani (2019) Model Pembelajaran Jigsaw untuk Meningkatkan Kreativitas Tari Berpola Randai Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri Medan T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143340009 COVER.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
2. NIM. 2143340009 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (551kB) | Preview
3. NIM. 2143340009 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (289kB) | Preview
4. NIM. 2143340009 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM. 2143340009 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6. NIM. 2143340009 TABLES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2143340009 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2143340009 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM. 2143340009 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (435kB) | Preview
13. NIM. 2143340009 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (313kB) | Preview
14. NIM. 2143340009 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Untuk mengetahui peningkatan kreativitas tari dalam model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 13 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Medan yang beralamat di Jalan Sampali No. 88A, Pandau Hulu II, Kota Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 13 Medan yang berjumlah 35 siswa. Sampel diambil dengan menggunakan teknik total sampling yaitu jumlah seluruh populasi dijadikan sampel.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen design yakni One Group Pretest-Postest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur kreativitas tari melalui pola randai yaitu observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah sebelum dilakukan pegujian hipotesis, terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, Untuk menguji hipotesis penelitian diterima atau ditolak, maka digunakan uji t. Apabila Ho ditolak, maka Ha yang mengatakan bahwa kreativitas dapat meningkatkan jika diterapkan model pembelajaran Jigsaw pada siswa kelas VIII-2 di SMP Negeri 13 Medan, teruji kebenarannya pada taraf signifikansi 95%. Hasil penelitian menunjukkan uji hipotesis dengan rumus uji t sampel berpasangan berbantuan SPSS versi 17. Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,050 atau sebesar 12,618 lebih besar dari = 2,032 sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol ditolak, sedangkan hipotesis alternatif diterima. Dengan demikian, hipotesis yang berbunyi ada peningkatan kreativitas tari setelah diterapkan model pembelajaran jigsaw secara signifikan pada Siswa Kelas VIII-2 di SMP Negeri 13 Medan T.P 2018/2019 teruji kebenarannya pada taraf α = 0,050.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Jigsaw; kreativitas; berpola Randai |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 13 Jul 2020 03:04 |
Last Modified: | 13 Jul 2020 03:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39567 |