Sakdiah, Halimatu (2019) Model Pembelajaran Quantum Teaching Tipe Tandur Pada Pembelajaran Tari Melayu Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas VII Di SMP Swasta Kualuh Aek Kanopan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143140014 COVER.pdf - Published Version
Download (47kB) | Preview
2. NIM. 2143140014 APPOVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (396kB) | Preview
3. NIM. 2143140014 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
4. NIM. 2143140014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (225kB) | Preview
5. NIM. 2143140014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
6. NIM. 2143140014 LIST OF FIGURES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
7. NIM. 2143140014 LIST OF TABLES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
8. NIM. 2143140014 LIST OF APPENDICES.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
9. NIM. 2143140014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (376kB) | Preview
13. NIM. 2143140014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
14. NIM. 2143140014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan model pembelajaran Quantum Teaching tipe tandur pada pembelajaran tari Melayu untuk siswa SMP Swasta Kualuh Aekkanopan. Penelitian ini menggunakan teori saiman yang diaplikasi berasaskan tandur(Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, danRayakan). Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan melibatkan 25 siswa kelas VII1 di SMP Swasta Kualuh sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan dua instrument penilaian yaitu penilaian kreativitas dan penilian Quantum Teaching tipe Tandur. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa, dengan adanya model pembelajaran Quantum Teaching tipe tandur ini dapat menumbuhkan minat siswa dalam belajar tari dan dapat memberikan wawasan dalam membuat tarian kreasi baru. Sebelum melakukan penelitian ini, peneliti member pre test untuk mengetahui kemampuan peserta didik, sehingga diperoleh nilai rata-rata kelas yaitu 61,2908. Selanjutnya peneliti memberi post test dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching tipe tandur, adapun yang dilakukan untuk mendapatkan nilai post test membutuhkan 3x pertemuan, pertemuan pertama mengaplikasikan dengan tumbuhkan dan alami, kedua mengaplikasikan dengan namai dan demontrasikan , ketiga mengaplikaskan dengan ulangi dan rayakan. Data hasilpost test memperoleh rata-rata kelas yaitu 81,5022. Dari perhitungan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh thitung = 13,41taraf nyata α = 0,05 dan ttabel = 1,67722, berarti thitung>ttabe l(13,41> 1,67722) artinya bahwa ada peningkatan yang sangat signifikan. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan diberikan model pembelajaran Quantum Teaching tipe Tandur dapat meningkatkan kemampuan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Quantum Teaching tipe tandur; Kreativitas; Pembelajaran Tari |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1580 Dancing L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Tari |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 11 Jul 2020 16:11 |
Last Modified: | 11 Jul 2020 16:11 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39559 |