Rajagukguk, Donna Helen (2019) PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN SOFTWARE MODELLUS TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DI SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153121014 COVER.pdf - Published Version
Download (202kB) | Preview
2. NIM. 4153121014 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (239kB) | Preview
3. NIM. 4153121014 ABSTACT.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
4. NIM. 4153121014 PREFACE.pdf - Published Version
Download (135kB) | Preview
5. NIM. 4153121014 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (532kB) | Preview
9. NIM. 4153121014 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (442kB) | Preview
13. NIM. 4153121014 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM. 4153121014 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (353kB) | Preview
Abstract
Telah dilakukan penelitian dengan judul Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Software Modellus Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di SMA Negeri 1 Sunggal T.P. 2018/2019 bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa.
Jenis penelitian adalah quasi experiment, menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dan pembelajaran konvensional.. Pengambilan sampel dilakukan secara class random sampling dengan mengambil 2 kelas yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan yaitu rubrik penilaian berpikir kritis dan tes hasil belajar kognitif siswa.
Pada hasil belajar kelas eksperimen diperoleh rata pre-test 18,94 dan post-test 65,25. Kelas kontrol diperoleh rata-rata pre-test 16 dan post-test 45,55. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi yang homogen. Hasil uji t satu pihak post-test thitung adalah 4,6199 dan ttabel adalah 1,669 artinya Ha diterima dan Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Dari analisa data untuk kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen diperoleh rata-rata 65,45 dan kelas kontrol diperoleh rata-rata 45,91. Kedua kelas berdistribusi normal dan memiliki variasi homogen. Hasil uji t satu pihak kemampuan berpikir kritis thitung adalah 5,0625 dan ttabel =1,669 artinya Ha diterima dan Ho ditolak dimana thitung > ttabel. Kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi pokok usaha dan energi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 153 |
Keywords: | Problem based learning; Berpikir kritis; Usaha; Energi; Modellus; Software; Media pembelajaran; Pendekatan saintifik; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 18 Jun 2020 07:09 |
Last Modified: | 22 Jun 2020 01:14 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39520 |