Siagian, Ricky Hercules Benyamin (2019) Model Pembelajaran Demonstrasi dalam Mata Pelajaran Praktek Instrumen Saxophone di SMK Negeri 11 Medan. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM. 2143340028 COVER.pdf - Published Version
Download (236kB) | Preview
2. NIM. 2143340028 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (539kB) | Preview
3. NIM. 2143340028 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (112kB) | Preview
4. NIM. 2143340028 PREFACE.pdf - Published Version
Download (210kB) | Preview
5. NIM. 2143340028 TABEL OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. NIM. 2143340028 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
7. NIM. 2143340028 TABELS.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM. 2143340028 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (410kB) | Preview
12. NIM. 2143340028 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
13. NIM. 2143340028 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana proses pembelajaran, keterkaitan sarana dan prasarana, hasil belajar, dan faktor kesulitan belajar praktek instrument saxophone di SMK Negeri 11 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk melengkapi data dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Dengan Populasi sebanyak 10 orang, yaitu 9 siswa dan 1 orang guru dan Sample sebanyak 9 orang siswa kelas X mayor Saxophone. Penelitian ini mengambil lokasi di ruang kelas praktek saxophone di SMK Negeri 11 Medan, dan waktu penelitian dimulai dari bulan April 2019 sampai bulan Juni 2019.Dari penelitian ini diperoleh hasil diantaranya: Proses Pembelajaran meliputi penyeteman, pemanasan, memainkan tangga nada, memainkan kromatis, memainkan etude, memainkan lagu dengan membaca partitur, dan diakhiri dengan jamming bersama. Sarana dan Prasarana yang kurang memadai, yaitu dengan ruang kelas yang kecil. Hasil Belajar Siswa yang mendapatkan nilai diatas KKM dengan rata-rata 82,7. Kesulitan Belajar yang didapati siswa yang meliputi alat yang kurang memadai dan kurangnya keterlibatan orang tua yang didapati dari hasil wawancara kepada guru dan siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Metode Pembelajaran; Demonstrasi; Saxophone |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Instruction and study > MT18 Music in colleges and universities |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 25 Jun 2020 03:08 |
Last Modified: | 25 Jun 2020 03:08 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39510 |