PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI MTS BATANG KUIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

Muzdalifah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI MTS BATANG KUIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. 8106171015 Judul.pdf]
Preview
Text
1. 8106171015 Judul.pdf - Published Version

Download (90kB) | Preview
[thumbnail of 2. 8106171015 Lembar Pengesahan.pdf]
Preview
Text
2. 8106171015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3. 8106171015 Abstrak.pdf]
Preview
Text
3. 8106171015 Abstrak.pdf - Published Version

Download (114kB) | Preview
[thumbnail of 4. 8106171015 Kata Pengantar.pdf]
Preview
Text
4. 8106171015 Kata Pengantar.pdf - Published Version

Download (118kB) | Preview
[thumbnail of 5. 8106171015 Daftar Isi.pdf]
Preview
Text
5. 8106171015 Daftar Isi.pdf - Published Version

Download (237kB) | Preview
[thumbnail of 6. 8106171015 Daftar Tabel.pdf]
Preview
Text
6. 8106171015 Daftar Tabel.pdf - Published Version

Download (116kB) | Preview
[thumbnail of 7. 8106171015 Daftar Gambar.pdf]
Preview
Text
7. 8106171015 Daftar Gambar.pdf - Published Version

Download (73kB) | Preview
[thumbnail of 8. 8106171015 Daftar Lampiran.pdf]
Preview
Text
8. 8106171015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version

Download (176kB) | Preview
[thumbnail of 9. 8106171015 Bab I.pdf]
Preview
Text
9. 8106171015 Bab I.pdf - Published Version

Download (816kB) | Preview
[thumbnail of 10. 8106171015 Bab V.pdf]
Preview
Text
10. 8106171015 Bab V.pdf - Published Version

Download (241kB) | Preview
[thumbnail of 11. 8106171015 Daftar Pustaka.pdf]
Preview
Text
11. 8106171015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (162kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada masing-masing pembelajaran. (2) Peningkatan self-efficacy siswa pada masing-masing pembelajaran. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah siswa pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dengan 49 orang siswa sebagai sampel dan di MTs Umar Bin Khattob (UBK) dengan 35 orang siswa sebagai sampel penelitian. Sehingga total sampel penelitian sebanyak 83 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematik yaitu berupa pretes dan postes serta angket self-efficacy yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis dengan uji t untuk melihat peningkatan penalaran dan self-efficacy siswa, baik terhadap siswa yang diberi pembelajaran PMR maupun terhadap siswa yang diberi pembelajaran biasa. Untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan jenis kelamin terhadap penalaran dan self-efficacy siswa, digunakanlah uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji t dan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa N-Gain kemampuan penalaran kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,33 dengan nilai sig = 0,000 pada nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran biasa. Nila N-Gain self-efficacy siswa eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 0,49 dan 0,22 dengan nilai p-value (2-tailed) adalah 0,000 pada nilai α = 0,05. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik adalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Hasil ANOVA menunjukkan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan penalaran matematik siswa. Hal yang sama juga terjadi pada nilai self-efficacy siswa. Hasil analisis ANOVA terhadap nilai self efficacy menemukan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap nilai self-efficacy siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: 510.071 Muz p
Keywords: Matematika realistik; Penalaran matematika; Self efficacy; Pembelajaran biasa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 09 Apr 2016 08:13
Last Modified: 17 May 2016 07:38
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3951

Actions (login required)

View Item
View Item