Muzdalifah (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA DI MTS BATANG KUIS MELALUI PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171015 Judul.pdf - Published Version
Download (90kB) | Preview
2. 8106171015 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106171015 Abstrak.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. 8106171015 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (118kB) | Preview
5. 8106171015 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
6. 8106171015 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (116kB) | Preview
7. 8106171015 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
8. 8106171015 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (176kB) | Preview
9. 8106171015 Bab I.pdf - Published Version
Download (816kB) | Preview
10. 8106171015 Bab V.pdf - Published Version
Download (241kB) | Preview
11. 8106171015 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa pada masing-masing pembelajaran. (2) Peningkatan self-efficacy siswa pada masing-masing pembelajaran. (3) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan penalaran matematis siswa. (4) Interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap self-efficacy siswa, (5) Proses penyelesaian masalah siswa pada masing-masing pembelajaran.Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Yayasan Pendidikan Islam (YPI) dengan 49 orang siswa sebagai sampel dan di MTs Umar Bin Khattob (UBK) dengan 35 orang siswa sebagai sampel penelitian. Sehingga total sampel penelitian sebanyak 83 siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 (satu) dengan mengambil sampel dua kelas (kelas eksperimen dan kelas kontrol) melalui teknik random sampling. Data diperoleh melalui tes kemampuan penalaran matematik yaitu berupa pretes dan postes serta angket self-efficacy yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran. Data dianalisis dengan uji t untuk melihat peningkatan penalaran dan self-efficacy siswa, baik terhadap siswa yang diberi pembelajaran PMR maupun terhadap siswa yang diberi pembelajaran biasa. Untuk melihat interaksi antara pembelajaran dan jenis kelamin terhadap penalaran dan self-efficacy siswa, digunakanlah uji ANAVA dua jalur. Sebelum digunakan uji t dan uji ANAVA dua jalur terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dalam penelitian ini dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis data menunjukkan bahwa N-Gain kemampuan penalaran kelas eksperimen sebesar 0,47 dan kelas kontrol sebesar 0,33 dengan nilai sig = 0,000 pada nilai α = 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa peningkatan kemampuan penalaran matematik siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik lebih baik daripada siswa dengan pembelajaran biasa. Nila N-Gain self-efficacy siswa eksperimen dan kontrol masing-masing adalah 0,49 dan 0,22 dengan nilai p-value (2-tailed) adalah 0,000 pada nilai α = 0,05. Sehingga hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan penalaran matematika siswa yang diajarkan dengan pendekatan matematika realistik adalah lebih baik dibandingkan dengan pembelajaran biasa. Hasil ANOVA menunjukkan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap kemampuan penalaran matematik siswa. Hal yang sama juga terjadi pada nilai self-efficacy siswa. Hasil analisis ANOVA terhadap nilai self efficacy menemukan adanya interaksi antara pendekatan pembelajaran dengan jenis kelamin terhadap nilai self-efficacy siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Muz p |
Keywords: | Matematika realistik; Penalaran matematika; Self efficacy; Pembelajaran biasa |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 07:38 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3951 |