Manurung, Ika Elfriade (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ADOBE FLASH CS6 PADA MATA PELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XI TITL DI SMK NEGERI 1 PERCUT SEI TUAN T.A. 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 5153131016 COVER.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
2. NIM. 5153131016 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (492kB) | Preview
3. NIM. 5153131016 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 5153131016 PREFACE.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
5. NIM. 5153131016 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (170kB) | Preview
6. NIM. 5153131016 TABELS.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
7. NIM.5153131016 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
8. NIM. 5153131016 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
9. NIM. 5153131016 CHAPTER I .pdf - Published Version
Download (384kB) | Preview
13. NIM. 5153131016 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (63kB) | Preview
14. NIM. 5153131016 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Media bagian yang tidak terpisahkan dari proses belajar mengajar demi tercapainya tujuan pendidikan pada umumnya dan tujuan pembelajaran di sekolah pada khususnya. Penggunaan media pembelajaran sangat berperan penting untuk mencapai keberhasihalan dalam proses belajar dan mengajar. Namun kenyataanya hingga saat ini media pembelajaran masih kurang dimanfaatkan. Berdasarkan
permasalahan ini, peneliti mencoba mengembangkan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 yang bertujuan untuk memudahkan guru dan siswa dalam proses bbelajar mengajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengembangan media pembelajaran berbasis Adobe Flash CS6 lebih efektif terhadap pembelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan. Prosedur pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia pada mata pelajaran
Instalasi Tenaga Listrik dilakukan dengan metode Research and Development atau lebih dikenal dengan R&D dan menggunakan model desain pengembangan Hannafin and Peck.
Berdasarkan data yang didapat selama penelitian, hasil validasi dari ahli media dan materi maka media pembelajaran ini dinyatakan memenuhi persyaratan dan layak digunakan sebagai pembelajaran dengan dibuktikan dengan nilai yang diperoleh 4,11 (Layak) dari ahli media dan nilai yang diperoleh 4,53 (Sangat Layak) dari ahli
materi. Kemudian berdasarkan hasil uji coba produk yang dilakukan pada pengujiian sebanyak 30 orang siswa kelas XI TITL2 SMK Negeri 1 Percut Sei Tuan didapatkan rata-rata penilaian sebesar 4,23 (Sangat Layak). Dengan demikian pengembangan media pembelajaran sangat baik dilakukan dengan melihat nilai dari para responden dan juga tanggapan positif yang mendukung media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | 2019-ELK-052 |
Keywords: | Media Pembelajaran; Pengembangan |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 17 Jun 2020 08:44 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:44 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39500 |