Yunita, Herlina (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN KONEKSI MATEMATIS SISWA DENGAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK DAN KONVENSIONAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 809715009 Judul.pdf - Published Version
Download (86kB) | Preview
2. 809715009 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
3. 809715009 Abstrak.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
4. 809715009 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (117kB) | Preview
5. 809715009 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
6. 809715009 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (158kB) | Preview
7. 809715009 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (75kB) | Preview
8. 809715009 Bab I.pdf - Published Version
Download (535kB) | Preview
9. 809715009 Bab V.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
10. 809715009 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui apakah kemampuan komunikasi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) mengetahui apakah kemampuan koneksi matematis siswa yang belajar dengan pembelajaran PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (3) mendeskripsikan kadar aktivitas aktif siswa selama pembelajaran dengan PMR; (4) mendeskripsikan respon siswa terhadap PMR; (6) mendeskripsikan proses penyelesaian siswa di kelas yang diajar dengan PMR dan konvensional.Penelitian ini merupakan semi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 Salapian Kabupaten Langkat. Secara acak dipilih dua kelas dari empat kelas. Kelas eksperimen diberi perlakuan Pendekatan Matematika Realistik dan kelas kontrol diberi perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan terdiri dari: (1) tes kemampuan komunikasi matematis; (2) tes kemampuan koneksi matematis; (3) lembar observasi. Instrumen tersebut dinyatakan telah memenuhi syarat validasi isi, serta koefisien reliabilitas sebesar 0,71 dan 0,69 berturut-turut untuk kemampuan komunikasi dan koneksi matematis.Analisis data dilakukan dengan analisis kovarian (ANAKOVA), karena melibatkan kemampuan awal siswa sebagai variabel penyerta. Dari hasil perhitungan, didapat nilai Fres = 57,03 > Ftabel = 3,98 untuk komunikasi dan Fres = 23,34 > Ftabel = 3,98 untuk koneksi. Berdasarkan hasil tersebut hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) kemampuan komunikasi matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (2) kemampuan koneksi matematis siswa yang diajar dengan PMR lebih tinggi dibanding siswa yang diajar dengan pembelajaran konvensional; (3) siswa terlibat aktif dalam pembelajaran; (4) siswa memberikan respon yang baik terhadap pembelajaran PMR; (5) proses penyelesaian siswa dengan PMR lebih baik dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Yun p |
Keywords: | Komunikasi matematis; Koneksi matematis; Matematika realistik; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:55 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3949 |