Sihombing, Arief Saylan (2013) PERBEDAAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KREATIVITAS MATEMATIK ANTARA SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN PENEMUAN TERBIMBING BERBASIS MASALAH OPEN-ENDED DENGAN SISWA YANG MENDAPAT PEMBELAJARAN EKSPOSITORI. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171004 Judul.pdf - Published Version
Download (69kB) | Preview
2. 8106171004 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (518kB) | Preview
3. 8106171004 Abstrak.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
4. 8106171004 Kata Pengantar.pdf - Published Version
Download (92kB) | Preview
5. 8106171004 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (180kB) | Preview
6. 8106171004 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
7. 8106171004 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (130kB) | Preview
8. 8106171004 Daftar Lampiran.pdf - Published Version
Download (91kB) | Preview
9. 8106171004 Bab I.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
10. 8106171004 Bab V.pdf - Published Version
Download (132kB) | Preview
11. 8106171004 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa yang tergolong rendah, kurangnya aktivitas aktif siswa di kelas, proses jawaban siswa dalam menyelesaikan masalah masih kurang. Bertujuan untuk memperbaiki kemampuan pemecahan masalah dan kreativitas siswa, meningkatkan aktivitas aktif siswa dan memperbaiki cara siswa dalam menyelesaikan masalah.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuasi eksperimen yang difokuskan pada kemampuan pemecahan masalah matematik dan kreativitas matematik. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 37 Medan. Dengan menggunakan teknik random sampling maka diperoleh dua kelas masing-masing sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan pembelajaran penemuan terbimbing berbasis masalah open-ended dan pada kelas kontrol diberikan pembelajaran ekspositori. Dalam pelaksanaan penelitian dikembangkan perangkat dan instrumen penelitian. Perangkatnya berupa Rencana Pembelajaran, buku siswa dan Lembar Aktivitas siswa. Instrumen yang digunakan terdiri dari tes kemampuan awal, tes pemecahan masalah dan tes kreativitas. Sebelum perangkat dan instrumen digunakan, dilakukan validasi kepada para ahli dan diujicobakan di lapangan. Hasil validasi dari validator mengatakan perangkat dan instrumen tergolong valid. Dari hasil uji coba pada siswa di sekolah juga reliabel dan valid. Analisis data yang digunakan adalah anakova dan deskriptif. Hasil dari penelitian ini ialah rata-rata kemampuan pemecahan kelas eksperimen 51,2 dan rata-rata kelas kontrol 37,72, hasil uji anakova menunjukan Fhitung 36,85, Ftabel 3,94. Dengan demikian Fhitung lebih besar Ftabel. Rata-rata kreativitas kelas eksperimen 40,57 dan kelas kontrol 28,37 hasil uji anakova menunjukan Fhitung 38,337, Ftabel 3,94. Dengan demikian Fhitung lebih besar Ftabel. Oleh karena itu disimpulkan bahwa: (1) kemampuan pemecahan masalah siswa yang mendapat pembelajaran penemuan terbimbing berbasis masalah open-ended lebih baik dibanding siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, (2) kemampuan kreativitas siswa yang memdapat pembelajaran penemuan terbimbing berbasis masalah open-ended lebih baik dibanding siswa yang mendapat pembelajaran ekspositori, persentase waktu aktivitas aktif siswa memenuhi waktu ideal, dan proses jawaban siswa untuk kelas eksperimen lebih baik dari proses jawaban siswa kelas kontrol.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sih p |
Keywords: | Kreativitas; Pembelajaran ekspositori; Masalah open-ended; Pendekatan penemuan terbimbing; Kemampuan pemecahan masalah |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 17 May 2016 05:52 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3948 |