Sinaga, Cintia Agnes (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI POKOK MOMENTUM DAN IMPULS KELAS X SEMESTER II SMA NEGERI 1 SILIMAKUTA SARIBUDOLOK T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121007 COVER.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
2. NIM. 4152121007 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
3. NIM. 4152121007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (37kB) | Preview
4. NIM. 4152121007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (203kB) | Preview
5. NIM. 4152121007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (420kB) | Preview
9. NIM. 4152121007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (354kB) | Preview
13. NIM. 4152121007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
14. NIM. 4152121007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (144kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok momentum dan impuls kelas X Semester II SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok T.P 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas X Semester II SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok yang terdiri dari 5 kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara cluster random sampling dan diperoleh dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 32 orang dan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 34 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dengan jumlah 20 soal. Sebelum tes digunakan terlebih dahulu divalidkan oleh validator yaitu dua dosen fisika dan satu guru fisika.
Hasil nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 39,00 dan kelas kontrol 43,38 kedua sampel berdistribusi normal dan homogen. Berdasarkan analisis uji t dua pihak diperoleh thitung<ttabel hal ini menyatakan kemampuan awal kedua sampel sama. Setelah itu diberikan perlakuan yang berbeda pada kedua kelas dan dilakukan postes, hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 73,90 dan kelas kontrol 66,47. Analisis uji t satu pihak diperoleh thitung>ttabel hal ini menyatakan ada pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation berbantuan macromedia flash terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 1 Silimakuta Saribudolok T.P.2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 110 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Macromedia flash; Momentum; Impuls; Model pembelajaran; Hasil belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 05:26 |
Last Modified: | 26 Jun 2020 07:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39465 |