Turnip, Aprilina Dian Hati (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBANTUAN MACROMEDIA FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS DI KELAS X SMA NEGERI 15 MEDAN T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4153321004 COVER.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
2. NIM. 4153321004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (162kB) | Preview
3. NIM. 4153321004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
4. NIM. 4153321004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (198kB) | Preview
5. NIM. 4153321004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (331kB) | Preview
9. NIM. 4153321004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (409kB) | Preview
13. NIM. 4153321004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
14. NIM. 4153321004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (194kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Teams Games Tournament (TGT) berbantuan Macromedia Flash terhadap hasil belajar pada materi Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.A. 2018/2019. Jenis penelitian quasi experiment yang melibatkan dua kelas yang diberi perlakuan yang berbeda, yaitu kelas eksperimen diberi perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran TGT berbantuan Macromedia Flash dan kelas kontrol diberi perlakuan dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Pemilihan kelas dilakukan secara purposive sampling, yakni teknik mengambil sampel yang dilakukan secara sengaja dan telah sesuai dengan semua persyaratan sampel yang diperlukan satu kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari tes hasil belajar kognitif dalam bentuk pilihan berganda dengan 5 option sebanyak 20 soal yang telah dinyatakan valid oleh para ahli. Analisa data menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen 47,33 dan kelas kontrol 46,66 . Hasil analisis data pretes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal, varians kedua sampel homogen, dan kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Setelah dilakukan perlakuan diperoleh nilai rata-rata postes pada kelas eksperimen dan kelas kontrol masing-masing 78,16 dan 72,00. Hasil analisis data postes menunjukkan bahwa sampel berasal dari populasi yang berdistribusi normal dan varians kedua sampel homogen. Untuk menguji hipotesis digunakan uji t satu pihak dan diperoleh kesimpulan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran TGT berbantuan Macromedia Flash lebih baik daripada pembelajaran konvensional pada materi pokok Momentum dan Impuls di kelas X semester II SMA Negeri 15 Medan T.A. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 101 |
Keywords: | Model pembelajaran; Teams games tournament; Hasil belajar; Macromedia flash; Momentum; Impuls |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics > QC170 Atomic physics. Constitution and properties of matter including molecular physics, relativity, quantum theory, and solid state physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 04:47 |
Last Modified: | 27 Jun 2020 07:04 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39461 |