Qadri, Nurul (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN PADA SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK N 5 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 5153122007 COVER.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 5153122007 APPROVAL.pdf - Published Version
Download (454kB) | Preview
3. NIM 5153122007 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (211kB) | Preview
4. NIM 5153122007 PREFACE.pdf - Published Version
Download (197kB) | Preview
5. NIM 5153122007 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
6. NIM 5153122007 TABLES.pdf - Published Version
Download (177kB) | Preview
7. NIM 5153122007 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
8. NIM 5153122007 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (408kB) | Preview
12. NIM 5153122007 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
13. NIM 5153122007 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan pada siswa kelas XI teknik kendaraan ringan di SMK Negeri 5 Medan dengan menerapkan model pembelajaran discovery learning.
Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model spiral dari Kemmis – Mc Taggart. Perencanaan penelitian dimulai dengan tahap rencana (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR SMK Negeri 5 Medan yang berjumlah 23 siswa.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, diperolah hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 63,04% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 4,3%, kategori aktif sebesar 65,3%, kategori kurang aktif sebesar 30,4% dan kategori tidak aktif sebesar 0%. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus I ketercapaian ketuntasan belajar siswa secara klasikal belum tercapai, sehingga penelitian di lanjutkan pada siklus II. Pada siklus II diperoleh hasil berupa ketuntasan belajar siswa secara klasikal siswa sebesar 82, 60% dengan persentase aktivitas siswa dengan kategori sangat aktif sebesar 56,5%, kategori aktif sebesar 43,5%, kategori kurang aktif sebesar 0% dan kategori tidak aktif sebesar 0%, sehingga dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar siswa pada siklus II sebesar 100%. Dengan demikian, hal ini menunjukkan bahwa penelitian ini telah berhasil dilaksanakan, sehingga penelitian tidak dilanjutkan pada siklus berikutnya dikarenakan sesuai dengan indikator keberhasilan penelitian ini yang menyatakan bahwa penelitian dianggap berhasil apabila aktivitas belajar siswa telah aktif dengan persentase sebesar ≥ 90% dan ketuntasan belajar siswa secara klasikal telah mencapai ≥ 80% dengan perolehan nilai ≥ 75 sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model Pembelajaran Discovery Learning, Hasil Belajar, aktivitas Belajar |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA1001 Transportation engineering |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 15 Jun 2020 03:02 |
Last Modified: | 17 Jun 2020 08:07 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39456 |