Annisa (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN PENDEKATAN METAKOGNITIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA DI SMA SWASTA AL-WASHLIYAH 1 MEDAN. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM. 4152121002 COVER_docx.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
2. NIM. 4152121002 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (275kB) | Preview
3. NIM. 4152121002 ABSTRAK_docx.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
4. NIM. 4152121002 KATA PENGANTAR_docx.pdf - Published Version
Download (61kB) | Preview
5. NIM. 4152121002 DAFTAR ISI_docx.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
9. NIM. 4152121002 BAB I_docx.pdf - Published Version
Download (206kB) | Preview
13. NIM. 4152121002 BAB V_docx.pdf - Published Version
Download (67kB) | Preview
14. NIM. 4152121002 DAFTAR PUSTAKA_docx.pdf - Published Version
Download (73kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan pada materi momentum dan impuls melalui model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif. Penelitian ini berjenis Quasi Eksperimen, dengan melibatkan dua kelas yang menjadi subjek pengamatan, yaitu kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa sebanyak 33 siswa dan kelas X MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa sebanyak 32 siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif dan kelas kontrol yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional di peroleh nilai rata-rata Pretest kelas eksperimen > kelas kontrol (33,24 > 31,28). Persentase rata-rata nilai Gain yang diperoleh dari kelas eksperimen > kelas kontrol (63,13,% > 49,49%), dan rata-rata posttest kelas eksperimen> Kelas kontrol (75,12 > 66,84) yang dilakukan dengan menggunakan uji –t uji dua pihak dengan α=0,05 diperoleh thitung= 3,48 > t tabel = 0,99, Ha diterima. Berdasarkan data diatas, maka terdapat pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan pendekatan metakognitif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa di SMA Swasta Al-Washliyah 1 Medan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 124 |
Keywords: | Problem based learning; Pendekatan metakognitif; Momentum; Impuls; Pemecahan masalah; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 15:32 |
Last Modified: | 24 Jun 2020 13:22 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39427 |