Damanik, Afrina Dearny (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI GELOMBANG BUNYI DI KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 SUNGGAL T.P 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1. NIM 4153121003 COVER.pdf - Published Version
Download (124kB) | Preview
2. NIM 4153121003 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (255kB) | Preview
3. NIM 4131121033 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (192kB) | Preview
4. NIM 4153121003 PREFACE.pdf - Published Version
Download (137kB) | Preview
5. NIM 4153121003 TABLE OF CONTENS.pdf - Published Version
Download (272kB) | Preview
9. NIM 4153121003 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (413kB) | Preview
13. NIM 4153121003 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (207kB) | Preview
14. NIM 4153121003 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok gelombang bunyi di kelas XI semester II SMA N 1 Sunggal T.P. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain Two group pretest-posttest design. Populasi seluruh siswa kelas kelas XI IPA SMA Negeri 1 Sunggal yang terdiri dari 5 kelas. Sampel penelitian diambil 2 kelas yang ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Kelas ekperimen dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan kelas kontrol dengan penerapan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar kognitif dalam bentuk multiple choice, lembar observasi sikap, lembar penilaian keterampilan dan lembar aktivitas siswa.
Berdasarkan hasil pengolahan data pretes diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 33,611 dan nilai rata-rata kelas kontrol 35,417. Dari hasil uji beda nilai kedua kelas pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh thitung = 0,82, ttabel = 1,99, maka dapat disimpulkan tidak terdapat perbedaan yang signifikan nilai pretes kedua kelas, artinya kedua kelas memiliki kemampuan awal yang sama. Selanjutnya dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Setelah pembelajaran diberikan kemudian pada kedua kelas dilakukan postes. Untuk kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata 83,611 dan untuk kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 73,611. Dari hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh = 5,347 dan = 1,668. Karena > maka hipotesis (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar siswa akibat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa pada materi pokok Gelombang Bunyi kelas XI SMA Negeri 1 Sunggal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 FIS 108 |
Keywords: | Pembelajaran kooperatif; Group investigation; Gelombang bunyi; Model pembelajaran |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QC Physics Q Science > QC Physics > QC221 Acoustics. Sound |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 11 Jun 2020 14:54 |
Last Modified: | 18 Jun 2020 14:30 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39423 |