HUBUNGAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT II PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020

Ibrahim, M. Abdullah (2019) HUBUNGAN TINGKAT EKONOMI KELUARGA DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR TEKNIK SISWA TINGKAT II PROGRAM TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK SWASTA PRAYATNA 2 MEDAN TAHUN AJARAN 2019/2020. Undergraduate thesis, UNIMED.

[thumbnail of 1. NIM. 5152121008 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM. 5152121008 COVER.pdf - Published Version

Download (52kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM. 5152121008 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM. 5152121008 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (460kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM. 5152121008 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM. 5152121008 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (246kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM. 5152121008 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM. 5152121008 PREFACE.pdf - Published Version

Download (349kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM. 5152121008 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM. 5152121008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (243kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM. 5152121008 TABLES.pdf]
Preview
Text
6. NIM. 5152121008 TABLES.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM. 5152121008 ILLUSTRATION.pdf]
Preview
Text
7. NIM. 5152121008 ILLUSTRATION.pdf - Published Version

Download (38kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM. 5152121008 APPENDICES.pdf]
Preview
Text
8. NIM. 5152121008 APPENDICES.pdf - Published Version

Download (37kB) | Preview
[thumbnail of 9. NIM. 5152121008 CHAPTER I.pdf]
Preview
Text
9. NIM. 5152121008 CHAPTER I.pdf - Published Version

Download (684kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM. 5152121008 CHAPTER V.pdf]
Preview
Text
13. NIM. 5152121008 CHAPTER V.pdf - Published Version

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of 14. NIM. 5152121008 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
14. NIM. 5152121008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (211kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah belum optimalnya hasil belajar mata pelajaran menggambar teknik. Hasil belajar dipengaruhi oleh banyak faktor, termasuk diantaranya tingkat ekonomi keluarga dan kecerdasan emosional. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk: (1) mengetahui hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dengan hasil belajar, (2) mengetahui hubungan antara
kecerdasan emosional dengan hasil belajar, (3) mengetahui hubungan antara tingkat ekonomi keluarga dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif korelasional. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas XI bidang keahlian teknik kendaraan ringan SMKS Prayatna 2 Medan sebanyak empat kelas. Teknik sampling yang digunakan yaitu proportionate stratified random sampling, dengan jumlah sampel penelitian sebanyak dua kelas. Teknik Pengumpulan data penelitian untuk variabel bebas menggunakan angket, sedangkan variabel terikat menggunakan dokumentasi nilai. Validitas isi diperoleh melalui expert judgment. Validitas instrument menggunakan korelasi product moment pearson. Reliabilitas instrument angket dengan koefisien alpha cronbach, Teknik analisis data yang digunakan yaitu: (1) analisis deskriptif. (2) uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas, linieritas dan multikolinearitas. (3) Uji hipotesis meliputi korelasi
product moment, korelasi parsial dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara tingkat ekonomi keluarga dengan hasil belajar menggambar teknik dengan nilai ryx1 > rtabel = 0,591 > 0,244 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan korelasi parsial ryx1.x2 = 0,552 dengan thitung > ttabel = 5,216 > 1,998 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (2) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar menggambar teknik dengan nilai ryx2 > rtabel =
0,354 > 0,244 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05 dan korelasi parsial ryx2.x1= 0,256 dengan thitung > ttabel = 2,084 > 1,998 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. (3) Terdapat hubungan yang positif dan berarti antara tingkat ekonomi keluarga dan kecerdasan emosional secara bersama-sama dengan hasil belajar dengan nilai R = 0,626 dan Fhitung = 20,010 > Ftabel = 3,145 dengan signifikansi lebih kecil dari 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ekonomi keluarga dan kecerdasan emosional mempunyai hubungan yang positif dan berarti
terhadap hasil belajar menggambar teknik. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat ekonomi keluarga dan kecerdasan emosional, maka semakin tinggi
pula hasil belajar menggambar teknik siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: 2019-MSN-096
Keywords: Tingkat Ekonomi Keluarga; Kecerdasan Emosional; Hasil Belajar Gambar Teknik
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF180 Experimental psychology
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Mrs Gusti Lisa Utami
Date Deposited: 11 Jun 2020 09:05
Last Modified: 17 Jun 2020 08:04
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39413

Actions (login required)

View Item
View Item