Elviana, Salwa (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DI SMP NEGERI 3 LIMA PULUH T.A. 2018/2019. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4152111034 COVER.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
2 NIM. 4152111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (193kB) | Preview
3 NIM. 4152111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
4 NIM. 4152111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (199kB) | Preview
5 NIM. 4152111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (325kB) | Preview
9 NIM. 4152111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (608kB) | Preview
13 NIM. 4152111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
14 NIM. 4152111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (165kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 3 Lima Puluh TA. 2018/2019.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (claroom action research). Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 berjumlah 30 siswa dan obek penelitian adalah meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan model pembelajaran Osborn pada materi menentukan luas permukaan balok dan kubus serta menentukan luas permukaan prisma dan limas. Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah dan observasi tindakan guru.
Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap pertemuan diberikan observasi tindakan guru dan diakhir siklus diberikan tes kemampuan pemecahan masalah. Dari siklus I diperoleh 26 orang siswa atau 86,67% dari jumlah siswa telah tuntas belajar (peningkatan belajar klasikal), rata-rata nilai siswa dalam memahami masalah berada dalam kategori sedang, rata-rata nilai siswa dalam menuliskan rencana pemecahan masalah berada dalam kategori sangat rendah dan belum memenuhi target penelitian, rata-rata nilai siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah berada dalam kategori sangat tinggi, rata-rata nilai siswa dalam menuliskan kesimpulan berada dalam kategori sedang dan kemampuan guru dalam mengajar berada dalam kategori sangat baik. Sedangkan, pada siklus II diperoleh 28 orang siswa atau 93,33% dari jumlah siswa telah tuntas belajar (peningkatan belajar klasikal), rata-rata nilai siswa dalam memahami masalah berada dalam kategori sangat tinggi, rata-rata nilai siswa dalam menuliskan rencana pemecahan masalah berada dalam kategori sedang, rata-rata nilai siswa dalam melaksanakan pemecahan masalah berada dalam kategori sedang, rata-rata nilai siswa dalam menuliskan kesimpulan berada dalam kategori tinggi dan kemampuan guru dalam mengajar berada dalam kategori sangat baik.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Osborn dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMP Negeri 3 Lima Puluh TA. 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 088 |
Keywords: | Pemecahan masalah; Pembelajaran kooperatif; Pembelajaran osborn; Kubus; Balok |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 May 2020 18:13 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:56 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39351 |