Sihole, Linda Lusiana (2019) PENGARUH KEMAMPUAN RELASIONAL DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PEMECAHAN MASALAH. Undergraduate thesis, UNIMED.
1 NIM. 4151111048 COVER.pdf - Published Version
Download (43kB) | Preview
2 NIM. 4151111048 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (154kB) | Preview
3 NIM. 4151111048 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
4 NIM. 4151111048 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (93kB) | Preview
6 NIM. 4151111048 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
7 NIM. 4151111048 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (38kB) | Preview
8 NIM. 4151111048 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (39kB) | Preview
9 NIM. 4151111048 BAB I.pdf - Published Version
Download (273kB) | Preview
13 NIM. 4151111048 BAB V.pdf - Published Version
Download (87kB) | Preview
14 NIM. 4151111048 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (262kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui apakah terdapat pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPS Santa Maria Medan tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 154 siswa yang terdiridari 5 kelas. Sedangkan yang menjadi sampel dalam penelitian in iadalah 50 orang siswa kelas VII SMPS Santa Maria tahun ajaran 2018/2019. Instrumen dalam penelitian ini berupa posttest yang berbentuk uraian yang terdiri dari 2 soal, angket yang terdiri dari 26 pernyataan dan wawancara yang terdiri dari 5 pertanyaan. Sebelum instrument diberikan kepada siswa, terlebih dahulu instrument divalidasikan kepada 3 orang ahli (2 orang dosen, 1 orang guru matematika SMPN 22 Medan) dan dinyatakan valid.
Uji F digunakan untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Dari analisis data diperoleh terdapat pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa. Analisis regresi digunakan untuk melihat besar pengaruh kemampuan relasional dan motivasi belajar terhadap hasil belajar melalui model pembelajaran pemecahan masalah. Dari analisis data diperoleh kemampuan relasional siswa berpengaruh sebesar 80,2% terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa berpengaruh 70,7% terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | SK-2019 MAT 097 |
Keywords: | Belajar; Mengajar; Pembelajaran matematika; Hasil belajar; Kemampuan relasional; Motivasi; Problem solving |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501 Motivation L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika |
Depositing User: | Mrs Harly Christy Siagian |
Date Deposited: | 29 May 2020 14:26 |
Last Modified: | 10 Jun 2020 05:45 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39339 |