Sirait, Budiman (2013) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA SMK MELALUI PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL. Masters thesis, UNIMED.
1. 8106171005 Judul.pdf - Published Version
Download (134kB) | Preview
2. 8106171005 Lembar Pengesahan.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
3. 8106171005 Abstrak.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
4. 8106171005 Daftar Isi.pdf - Published Version
Download (290kB) | Preview
5. 8106171005 Daftar Tabel.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
6. 8106171005 Daftar Gambar.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
7. 8106171005 Bab I.pdf - Published Version
Download (688kB) | Preview
8. 8106171005 Bab V.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
9. 8106171005 Daftar Pustaka.pdf - Published Version
Download (499kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui peningkatan pemecahan masalah siswa, (2) mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa, (3) mengetahui proses jawaban siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Telkom Sandhy Putra Medan pada semester II, Tahun Pelajaran 2011/2012. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas 2 TS-1 berjumlah 36 orang sebagai kelas kontrol dan siswa kelas 2 TKJ-1 berjumlah 36 orang sebagai kelas eksperimen yang dilakukan secara random.Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen, teknik analisis data menggunakan gain ternormalisasi dan uji t. Test hasil kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa menggunakan test berbentuk essay masing-masing sebanyak 4 butir soal. Hasil pengujian hipotesis menunjukan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (2) Peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih tinggi dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa, (3) Proses jawaban siswa yang menggunakan pembelajaran kontekstual lebih baik dari pada siswa yang menggunakan pembelajaran biasa. Berdasarkan penemuan ini, peneliti menyarankan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi matematis siswa, sehingga dapat dijadikan masukan bagi guru dan kepala sekolah untuk dikembangkan sebagai strategi pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | 510.071 Sir p |
Keywords: | Pemecahan masalah; Komunikasi matematis; Pembelajaran kontekstual; Pembelajaran konvensional |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs Gusti Lisa Utami |
Date Deposited: | 09 Apr 2016 08:13 |
Last Modified: | 15 May 2016 14:34 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/3931 |