Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Siringoringo, Mariana (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Learning Cycle Terhadap Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.

[thumbnail of 1. NIM 2153111025 COVER.pdf]
Preview
Text
1. NIM 2153111025 COVER.pdf - Published Version

Download (61kB) | Preview
[thumbnail of 2. NIM2153111025 APROVAL SHEET.pdf]
Preview
Text
2. NIM2153111025 APROVAL SHEET.pdf - Published Version

Download (411kB) | Preview
[thumbnail of 3. NIM 2153111025 ABSTRACT.pdf]
Preview
Text
3. NIM 2153111025 ABSTRACT.pdf - Published Version

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of 4. NIM 2153111025 PREFACE.pdf]
Preview
Text
4. NIM 2153111025 PREFACE.pdf - Published Version

Download (141kB) | Preview
[thumbnail of 5. NIM 2153111025 TABLE OF CONTENT.pdf]
Preview
Text
5. NIM 2153111025 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version

Download (167kB) | Preview
[thumbnail of 6. NIM 2153111025 TABLE.pdf]
Preview
Text
6. NIM 2153111025 TABLE.pdf - Published Version

Download (83kB) | Preview
[thumbnail of 7. NIM 2153111025 LIST THE PICTURE.pdf]
Preview
Text
7. NIM 2153111025 LIST THE PICTURE.pdf - Published Version

Download (55kB) | Preview
[thumbnail of 8. NIM 2153111025 CHAPTER 1.pdf]
Preview
Text
8. NIM 2153111025 CHAPTER 1.pdf - Published Version

Download (484kB) | Preview
[thumbnail of 12. NIM 2153111025 CHAPTER 5.pdf]
Preview
Text
12. NIM 2153111025 CHAPTER 5.pdf - Published Version

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of 13. NIM 2153111025 BIBLIOGRAPHY.pdf]
Preview
Text
13. NIM 2153111025 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version

Download (145kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran Learning Cycle terhadap kemampuan menulis teks deskripsi. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan dengan populasi 129 orang. Sampel diambil secara acak dan didapat kelas VII-1 (kelas eksperimen) dan kelas VII-3 (kelas kontrol) sebagai sampel dalam penelitian ini dengan jumlah kelas masing-masing 32 orang. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian two group post test design. Tes pada penelitian dengan desain ini dilakukan sebanyak satu kali yaitu sesudah perlakuan. Perlakuan yang akan diberikan berupa model pembelajaran Learning Cycle di kelas eksperimen dan model pembelajaran Konvensional terhadap kemampuan menulis teks deskripsi di kelas kontrol. Kemampuan menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Konvensional (kelas kontrol) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 65,2 (termasuk dalam kategori cukup). Sedangkan kemampuan menulis teks deskripsi saat menggunakan model pembelajaran Learning Cycle (kelas eksperimen) memperoleh nilai rata-rata sebanyak 77,18 (termasuk dalam kategori baik). Berdasarkan perhitungan uji hipotesis dengan menggunakan uji “t” diperoleh nilai t0=3,576. Selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel t pada taraf signifikan 5% atau α = 0,05 dengan df = N-1. df = 32-1 = 31, maka diperoleh ttabel pada taraf signifikansi 5% = 2,03. Nilai t0>ttabel atau 3,576>2,03. Sehingga, hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Hal ini membuktikan model pembelajaran Learning Cycle efektif digunakan terhadap kemampuan menulis teks negosiasi siswa kelas VII SMP Negeri 2 Nainggolan tahun pembelajaran 2019/2020.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Keywords: Evektivitas; model pembelajaran learning cycle; menulis teks deskripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice)
P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Mrs Elsya Fitri Utami
Date Deposited: 26 May 2020 12:50
Last Modified: 26 May 2020 12:50
URI: https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39223

Actions (login required)

View Item
View Item