Waruwu, Satria Kris Ratna (2019) Peningkatan Kemampuan Guru Bahasa Dalam Mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik Teknik Percakapan Pribadi Di SMP Negeri 1 Moro’o Kabupaten Nias Barat. Masters thesis, Universitas Negeri Medan.
1 NIM. 8176132014 COVER.pdf - Published Version
Download (174kB) | Preview
2 NIM. 8176132014 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (544kB) | Preview
3 NIM. 8176132014 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (260kB) | Preview
4 NIM. 8176132014 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (237kB) | Preview
5 NIM. 8176132014 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (209kB) | Preview
6 NIM. 8176132014 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (182kB) | Preview
7 NIM. 8176132014 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
8 NIM. 8176132014 DAFTAR LAMPIRAN.pdf - Published Version
Download (183kB) | Preview
9 NIM. 8176132014 BAB I.pdf - Published Version
Download (592kB) | Preview
13 NIM. 8176132014 BAB V.pdf - Published Version
Download (191kB) | Preview
14 NIM. 8176132014 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (274kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah supervisi akademik teknik percakapan pribadi dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran di SMP Negeri 1 Moro’o
Kabupaten Nias Barat. Hipotesis tindakan penelitian ini adalah melalui penerapan supervisi akademik teknik percakapan pribadi, kemampuan guru bahasa di SMP Negeri 1 Moro’o Kabupaten Nias Barat dapat meningkat. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa sebanyak lima orang. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengetahui kemampuan guru dalam mengembangkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah pedoman wawancara dan lembar
observasi. Sedangkan untuk mengamati kegiatan supervisi akademik teknik percakapan pribadi digunakan lembar observasi. Desain penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan sekolah mengacu kepada model penelitian Kemmis, yang pelaksanaannya dirancang dalam bentuk siklus, sebanyak dua siklus. setiap siklus terdiri dari empat tahapan kegiatan yaitu : perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan guru bahasa dalam mengembangkan RPP pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 80,15 % dengan kategori Baik, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,86 % dengan kategori Amat Baik. Berdasarkan data hasil penelitian, disimpulkan bahwa penerapan supervisi akademik teknik percakapan
pribadi dapat meningkatkan kemampuan guru bahasa dalam mengembangkan RPP di SMP Negeri 1 Moro’o Kabupaten Nias Barat. Oleh karena itu diharapkan pengawas sekolah maupun kepala sekolah agar menerapkan supervisi akademik
teknik percakapan pribadi dalam meningkatkan profesionalisme guru khususnya dalam mengembangkan RPP.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2331.7 Teaching personnel L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education > LB2361 Curriculum P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Administrasi Pendidikan |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 04 May 2020 02:23 |
Last Modified: | 04 May 2020 02:23 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39162 |