Siregar, Rizki Martua (2019) Efektivitas Metode Think-Talk-Write (Berpikir-Berbicara-Menulis) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Swasta An-Nizam Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2141111032 COVER.pdf - Published Version
Download (46kB) | Preview
2. NIM 2141111032 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (231kB) | Preview
3. NIM 2141111032 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (57kB) | Preview
4. NIM 2141111032 PREFACE.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
5. NIM 2141111032 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
6. NIM 2141111032 TABLES.pdf - Published Version
Download (36kB) | Preview
7. NIM 2141111032 APPENDICE.pdf - Published Version
Download (34kB) | Preview
8. NIM 2141111032 PICTURE.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
9. NIM 2141111032 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (456kB) | Preview
13. NIM 2141111032 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (143kB) | Preview
14. NIM 2141111032 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (142kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode Think-Talk-Write dalam meningkatkan kemampuan menulis teks laporan hasil observasi. Populasi dalam
penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasa An-Nizam Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah 50 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 50 siswa atau seluruh siswa kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan model post-test only design group. Instrumen yang digunakan adalah tes menuliskan teks laporan hasil observasi dengan penugasan. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata eksperimen adalah 81,4, standar deviasi 69,04, digolongkan pada kategori sangat baik 56%, kategori baik 32% dan kategori cukup 12%, sedangkan nilai rata-rata untuk kelas kontrol adalah 66, standar deviasi 9,48, digolongkan pada kategori sangat baik 12%, kategori baik 28%, kategori cukup 48% dan kategori kurang 12%. Berdasarkan uji normalitas, hasil kelas eksperimen dan
kelas kontrol dinyatakan berdistribusi normal. Kemudian, berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Dari analisis data menggunakan uji chi kuadrat diperoleh hitung t =6,18 sedangkan ttabel= 1,67 pada taraf 0,05 dengan
signifikansi 95 %. Kriteria pengujian adalah hipotesis diterima jika hitung tabel t t . Karena hitung tabel t t (6,18 1,67 ) maka hipotesis nihil (Ho) ditolak dan hipotesis alternative (Ha) diterima.Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Metode Think-Talk-Write lebih efektif terhadap Kemampuan Menulis Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas X SMA Swasta An-Nizam Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | efektivitas; metode think-talk-write; teks laporan hasil observasi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 06:19 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:19 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39146 |