Sembiring, Riski Br. (2019) Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Talking Stick terhadap Kemampuan Menganalisis Isi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan Teks Eksplanasi Pada Siswa Kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111018 COVER.pdf - Published Version
Download (83kB) | Preview
2. NIM 2152111018 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (219kB) | Preview
3. NIM 2152111018 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (114kB) | Preview
4. NIM 2152111018 PREFACE.pdf - Published Version
Download (136kB) | Preview
5. NIM 2152111018 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (166kB) | Preview
6. NIM 2152111018 TABLE.pdf - Published Version
Download (133kB) | Preview
7. NIM 2152111018 APPENDIX LIST.pdf - Published Version
Download (98kB) | Preview
8. NIM 2152111018 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (375kB) | Preview
12. NIM 2152111018 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (139kB) | Preview
13. NIM 2152111018 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (145kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap kemampuan menganalisis isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi tahun pembelajaran 2018/2019. Untuk penelitian tersebut, diambil kelas VIII 1 yang berjumlah 30 siswa. Sampel diambil dari populasi yang terdiri dari 2 kelas. Pengambilan data dilakukan dengan purposive sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain
penelitian one group pre test post test design. Dalam penelitian ini, kelas eksperimen diberi tes kemampuan menganalisis isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi sebelum dan sesudah menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe talking stick. Dari distribusi data yang diperoleh: 1) kelompok pre test memiliki rata-rata 58,00 dengan standar deviasi 13,49; dan 2) kelompok pos test memiliki rata-rata 84,47 dengan standar deviasi 7,75. Berdasarkan pengujian hipotesis di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick efektif digunakan dalam menganalisi isi, struktur, dan kaidah kebahasaan teks eksplanasi pada siswa kelas VIII SMP Tanjung Morawa Bersubsidi Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks Eksplanasi; Kooperatif; Talking Stick |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 06:16 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 06:16 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39145 |