Hutabarat, Jonni (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Pair Checks Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Unsur Intrinsik Puisi Oleh Siswa Kelas X SMK Swasta Tunas Karya Tahun Pembelajaran 2018/1019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2152111008 COVER.pdf - Published Version
Download (153kB) | Preview
2. NIM 2152111008 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (2MB) | Preview
3. NIM 2152111008 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (42kB) | Preview
4. NIM 2152111008 KATA PREFACE.pdf - Published Version
Download (74kB) | Preview
5. NIM 2152111008 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (107kB) | Preview
6. NIM 2152111008 TABLES.pdf - Published Version
Download (40kB) | Preview
7. NIM 2152111008 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (35kB) | Preview
8. NIM 2152111008 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (317kB) | Preview
12. NIM 2152111008 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (66kB) | Preview
13. NIM 2152111008 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (70kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran pair checks dalam pembelajaran mengidentifikasi unsur intrinsik puisi. Populasi
dalam penelitian ini berjumlah 247 siswa kelas X SMK Swasta Tunas Karya. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 25 orang yang diambil dengan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes
essai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunkan uji “t”. Dari pengolahan data, diperoleh nilai rata-rata pre test= 48,88 standar deviasi 7,72, dan termasuk kategori baik. Hasil pre test kategori baik tidak ada 0%, kategori cukup sebesar 36%, sebanyak 9 siswa, kategori kurang sebesar 40% sebanyak 40 % dan
kategori sangat kurang sebesar 24% sebanyak 6 siswa. Nilai rata-rata post test sebesar 58,88, standar deviasi 9,30 dan termasuk kategori sangat baik. Hasil post
test kategori sangat baik tidak ada 0%, kategori baik sebesar 16% sebanyak 4 siswa, kategori cukup sebesar 44% sebanyak 11 siswa, kategori kurang sebesar 40% sebanyak 10 siswa dan kategori sangat kurang tidak ada atau 0%.
Berdasarkan uji normalitas, hasil pre test dan post test berdistribusi normal. Kemudian berdasarkan uji homogenitas dinyatakan bahwa sampel berasal dari
populasi yang homogen. Setelah uji normalitas dan homogenitas dilakukan, maka diketahui t0 sebesar 4,06 selanjutnya t0 tersebut dikonsultasikan dengan tabel t
dengan taraf signifikan ɑ 5% dengan satu pihak dinamakan dk=(n-1) maka ttabel=2,08 sehingga jika dibandingkan dengan t0 dengan ttabel maka t0>ttabel (4,06>2,08) maka hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Akhirnya dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran pair checks berpengaruh positif terhadap kemampuan mengidentifikasi unsur
intrinsik puisi kelas X SMK Swata Tunas Karya Tahun Pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Model pair checks; Unsur intrinsik puisi; Mengidentifikasi unsur intrinsik |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 20 Apr 2020 03:59 |
Last Modified: | 20 Apr 2020 03:59 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39122 |