Harianja, Margareta Nopia (2019) Pengaruh Penggunaan Media Film Bisu Pada Pembelajaran Menulis Teks Drama Siswa Kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111034 HALAMAN SAMPUL.pdf - Published Version
Download (68kB) | Preview
2. NIM 2151111034 LEMBAR PENGESAHAN.pdf - Published Version
Download (784kB) | Preview
3. NIM 2151111034 ABSTRAK.pdf - Published Version
Download (110kB) | Preview
4. NIM 2151111034 KATA PENGANTAR.pdf - Published Version
Download (115kB) | Preview
5. NIM 2151111034 DAFTAR ISI.pdf - Published Version
Download (167kB) | Preview
6. NIM 2151111034 DAFTAR GAMBAR.pdf - Published Version
Download (84kB) | Preview
7. NIM 2151111034 DAFTAR TABEL.pdf - Published Version
Download (102kB) | Preview
8. NIM 2151111034 BAB I.pdf - Published Version
Download (334kB) | Preview
12. NIM 2151111034 BAB V.pdf - Published Version
Download (108kB) | Preview
13. NIM 2151111034 DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Download (168kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media film bisu terhadap kemampuan menulis drama siswa kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan Tahun Pembelajaran 2018/2019 yang berjumlah sebanyak 25 siswa. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang berjumlah 25 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah One-Group Pretest-
Posttest Design. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah tes essay. Nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil pre-test adalah 48 dengan standart deviasi
12,5 dan termasuk kategori sangat baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori baik sebanyak 1 siswa (4%), kategori cukup 7 siswa (28%), kategori kurang 10 siswa (40%), dan kategori sangat kurang 7 siswa (28%). Kemudian nilai rata-rata yang diperoleh dari hasil post-test adalah 63 dengan standart deviasi 23,8 dan termasuk dalam kategori sangat baik sebanyak 10 siswa (40%), kategori baik sebanyak 0 siswa (0%), kategori cukup 3 siswa (12%), kategori kurang 7 siswa (28%), dan kategori sangat kurang 5 siswa (20%). Berdasarkan pengujian normalitas, data
hasil pre-test dan post-test telah berdistribusi normal. Berdasarkan pengujian homogenitas, sampel yang diuji berasal dari populasi yang homogen. Selanjutnya
berdasarkan pengujian hipotesis Thitung>Ttabel yaitu 2,73>2,069 dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang cukup signifikan dari penggunaan media film bisu
terhadap kemampuan menulis teks drama siswa kelas VIII SMP Kartika I-1 Medan tahun pembelajaran 2018/2019.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Teks; Drama; Media dan Film Bisu |
Subjects: | P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1600 Drama Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z004 Books. Writing. Paleography > Z40 Writing |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 15 Apr 2020 05:43 |
Last Modified: | 15 Apr 2020 05:43 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39088 |