Manik, Astri Novalianti (2019) Penggunaan Strategi Directed Reading-Thinking Activity Terhadap Kemampuan Menelaah Puisi pada Siswa Kelas X SMK Swasta Mandiri Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Negeri Medan.
1. NIM 2151111004 COVER.pdf - Published Version
Download (45kB) | Preview
2. NIM. 2151111004 ABSTRACT.pdf - Published Version
Download (178kB) | Preview
3. NIM 2151111004 APPROVAL SHEET.pdf - Published Version
Download (509kB) | Preview
4. NIM. 2151111004 PREFACE.pdf - Published Version
Download (141kB) | Preview
5. NIM 2151111004 TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (169kB) | Preview
6. NIM 2151111004TABLE OF CONTENT.pdf - Published Version
Download (113kB) | Preview
7. NIM 2151111004 ILLUSTRATION.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
8. NIM 2151111004 APPENDICES.pdf - Published Version
Download (111kB) | Preview
9. NIM 2151111004 CHAPTER I.pdf - Published Version
Download (379kB) | Preview
13. NIM 2151111004 CHAPTER V.pdf - Published Version
Download (64kB) | Preview
14. NIM 2151111004 BIBLIOGRAPHY.pdf - Published Version
Download (140kB) | Preview
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui kemampuan siswa dalam menelaah puisi sebelum menggunakan strategi Directed Reading-Thinking Activity, tujuan yang kedua yaitu untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menelaah puisi sesudah
menggunakan strategi Directed Reading-Thinking Activity, dan tujuan yang ketiga untuk mengetahui hasil yang diperoleh dalam penggunaan strategi pembelajaran
Directed Reading-Thinking Activity terhadap kemampuan menelaah puisi pada siswa. Jenis penelitian pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan
desain penelitian yang digunakan yaitu one Group Pretest Posttest Design. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, yaitu mengambil sampel pada kelas yang tersedia tanpa melakukan simple random
sampling. Teknik pengumpulan data adalah teknik tes. Uji persyaratan analisis data menggunakan uji normalitas dan uji hipotesis. Hasil pengolahan data menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar siswa dalam menelaah puisi. Tes
awal (pretes) skor rata-rata sebesar 58,47, 58% tergolong cukup. Tes akhir (posttes) skor rata-rata sebesar 75,81, 55% tergolong baik, Standar. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Setelah to diketahui, maka nilai tersebut dikonsultasikan dengan tabel “t” taraf signifikan 5% dengan dk = N-1 =
(31-1) = 30 diperoleh taraf signifikan 5% = 2,04. Maka, diperoleh hasil to lebih besar dari ttabel yaitu 7,38 > 2,04, maka hipotesis alternative (ha) diterima. Hal
tersebut menunjukan bahwa penggunaan strategi Directed Reading-Thinking Activity dapat membantu tercapainya hasil belajar yang diinginkan, menciptakan suasana belajar yang mendukung proses pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang aktif dan kreatif karena siswa mampu mengeluarkan ide dan tanggapan dari hasil memprediksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Keywords: | Strategi Directed Reading-Thinking Activity; Menelaah unsur intrinsik puisi |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1025 Teaching (Principles and Practice) P Language and Literature > PL Languages and literatures of Eastern Asia, Africa, Oceania > PL5051 Malayan (Indonesia) languages P Language and Literature > PN Literature (General) > PN1010 Poetry |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Mrs Elsya Fitri Utami |
Date Deposited: | 10 Apr 2020 05:13 |
Last Modified: | 10 Apr 2020 05:13 |
URI: | https://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/39080 |